Ini dia Penyebabnya Tenggorokan Kering

Lapisan hidung dan tenggorokan mengandung sel yang mensekresi lender untuk menjaga jaringan tetap lembap

 

FENOMAGZ – Tenggorokan kering bisa sangat meyiksa, karena terkadang bisa membuat kita sudah menelan makanan atau minuman. Tentu anda ingin mengalami masalah ini, sehingga harus mengetahui penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa terhindar dari masalah tenggorokan kering, berikut ini penyebabnya tenggorokan kering, yuk mari kita simak bersama :

Kualitas udara

Lapisan hidung dan tenggorokan mengandung sel yang mensekresi lender untuk menjaga jaringan tetap lembap. Jika anda menghirup udara kering, kurangnya kelembapan bisa menyebabkan tenggorokan kering dan menjengkelkan. Udara dalam ruangan yang hangat dapat menyebabkan efek serupa. Begitupun berolahraga saat terik matahari dapat menyebabkan tenggorokan kering dan bernapas lebih cepat melalui mulut.

Merokok dan vaping

Kebiasan merokok dan vaping bisa mengeringkan tenggorokan. Asap dari rokok, atau vaping memiliki efek yang menyebabkan tenggorokan kering, vaping memang tidak mengelurkan asap yang sama seperti rokok, tapi bahan kimia dalam up juga mongering sampai ke tenggorokan. Asap dan poluton kimia lainnya mungkin juga membuat anda mengalami tenggorokan kering.

Dehidrasi

Mulut dan tenggorokan kering adalah salah satu gejala dari dehidrasi ringan. Anda mungkin mengalami kesulitan menelan karena kekeringan ini, disertai dengan iritasi tenggorokan. Dehidrasi ringan sangat umum terjadi pada anak kecil dan manula selama musim panas atau kemarau.

Asupan makanan atau minuman

Semua yang pasti melalui tenggorokan. Karenanya sembari mencari penyebab tenggorokan kering, penting untuk memperhatikan apa yang sedang anda makan atau minum. Tenggorokkan kering sering disebabkan oleh konsumsi zat diuretic, seperti kafein dan alcohol. Zat ini menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan yang meningkatkan keinginan buang air kecil, sehingga tenggorokan kering. (fmz/pz)

Comments
Loading...