Fenomagz
Unleash the Wild Side

Jenis Susu yang Baik Untuk Pria dan Dapatkan Manfaatnya

0

Susu Evaporasi Mengalami Proses Pengurangan Kadar Air Hingga 60 % Untuk Meningkatkan Kadar Proteinnya dan Mematikan Bakteri Atau Enzim-enzim yang Merugikan

 

FENOMAGZ – Banyak sekali jenis susu yang ada di pasaran. Semuanya bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, agar memperoleh manfaat maksimal, ketahui jenis-jenis susu dan tentukan berdasarkan kebutuhan Anda.

Susu Full Cream
Susu full cream mengandung kadar lemak yang tinggi, sekitar 3,5% dari total kandungan nutrisinya. Segelas susu full cream (250ml) memenuhi 40% kebutuhan vitamin D dan 20% kalsium. Belum lagi tambahan gula di dalamnya.

Susu Tanpa Lemak (Skim)
Kandungan lemaknya hanya 0,3%, dengan kadar kalsium yang lebih tinggi dari susu full cream. Dalam setiap 250 ml susu non fat terdapat 301mg kalsium, susu low fat 290 mg kalsium dan susu murni hanya 276 mg kalisum. Susu tanpa lemak ini sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak dengan barat badan berlebih atau obesitas.

Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak memiliki kadar lemak 1% -2% dan kalori yang lebih sedikit. Susu rendah lemak juga memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi dan rasa yang lebih gurih daripada susu tanpa lemak. Rasa yang lebih gurih itu karena susu jenis ini tidak sepenuhnya bebas lemak.

Susu Fermentasi
Contoh produk susu yang mengalami proses fermentasi ini adalah yogurt dan koumiss atau kefir,makanan hasil olahan dari susu fermentasi khas Eropa Timur. Di dalam susu fermentasi terdapat bakteri lactobacillus bulgarisyang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan menjaga kesehatan usus.

Susu UHT
Susu yang mengalami proses pasteurisasi (sterilisasi dari kuman). Proses UHT (Ultra Heat Treatment) dilakukan dengan cara memanaskan susu pada suhu tinggi untuk membunuh bakteri patogen yang terdapat dalam susu dan unsur penyebab pengentalan. Susu UHT tidak harus disimpan dalam lemari es selama kemasannya belum dibuka.

Susu Evaporasi
Susu evaporasi mengalami proses pengurangan kadar air hingga 60% untuk meningkatkan kadar proteinnya dan mematikan bakteri atau enzim-enzim yang merugikan.. Dalam setiap 250ml susu evaporasi terkandung 17gram protein. Rasa susu evaporasi lebih enak dari jenis susu lainnya karena gula susu atau laktosa di dalamnya mengalami proses karamelisasi dan sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang dalam masa penyembuhan.

Susu tinggi kalsium (High Calsium)
Susu jenis ini merupakan susu yang telah mengalami penambahan kalsium dan vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Susu berkalsium tinggi lebih bagus untuk mereka yang mencapai usia dimana kemampuan tulang menyerap kalsium sudah mulai menurun.

Susu Kedelai
Susu kedelai berasal dari sari biji kedelai, mengandung 3,5 gram protein per saji (kandungan protein pada susu sapi 3,2 gram), dan kandungan lemak hanya 2,5 gram (lemak susu sapi 3,5 gram). Susu kedelai baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet atau alergi terhadap susu sapi.

Susu dengan Conjugated Linoleic Acid (CLA)
Susu jenis ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Conjugated Linoleic Acid berfungsi membantu pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Flavoured
Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu sebagai variasi. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...