Kebiasaan Buruk Di Pagi Hari Yang Bisa Membuat Tubuh Jadi Gemuk

Membangun kebiasaan baik di pagi hari penting untuk diterapkan

 

FENOMAGZ – Pagi hari adalah waktu dimana Fenomen memulai hari. Kegiatan yang Fenomen lakukan di pagi hari akan berpengaruh pada aktivitas Anda selanjutnya, apalagi bagi beberapa orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Maka dari itu, membangun kebiasaan baik di pagi hari pun penting untuk diterapkan.

Namun, ada sebagian orang yang melakukan kebiasaan buruk di pagi hari, yang tanpa mereka sadari hal tersebut bisa membuat mereka menjadi gemuk. Hal-hal apa sajakah? Berikut uraiannya.

  1. Bangun kesiangan

kebiasaan di pagi hari yang membaut tubuh semakin gemuk

Kebiasan buruk begadang dan kurang tidur diketahui dapat membuat nafsu makan Anda jadi meningkat. Hal tersebut akan berujung pada kenaikan berat badan. Ketika tubuh kelelahan dan kurang istirahat, produksi hormon pemicu nafsu makan akan meningkat.

Sebaliknya, tidur terlalu banyak juga akan memberikan efek negative bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi mengatakan bahwa tidur lebih dari 10 jam dalam semalam bisa beresiko membuat Anda gemuk. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk setidaknya tidur cukup selama 7-8 jam per hari untuk memastikan keseimbangan metabolism tubuh.

  1. Jarang berjemur

kebiasaan di pagi hari yang membaut tubuh semakin gemuk

Menurut sebuah studi, sinar matahari memberikan manfaat bagi Fenomen yang sedang ingin menurunkan berat badan. Orang yang terbiasa terpapar sinar matahari di pagi hari rata-rata memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang terpapar sinar matahari pagi. Alasannya karena tubuh memanfaatkan gelombang sinar biru dari cahaya matahari pagi untuk membakar kalori dan menyeimbangkan metabolisme.

  1. Malas membereskan tempat tidur

kebiasaan di pagi hari yang membaut tubuh semakin gemuk

Meski terdengar sepele, membereskan tempat tidur merupakan salah satu kebiasaan baik yang bisa Fenomen lakukan untuk membantu menurunkan berat badan lho. Menurut survei yang dilakukan National Sleep Foundation, seseorang yang rutin membereskan tempat tidur setiap pagi, 19 persen lebih mungkin memiliki kualitas tidur yang baik. Seperti yang telah diketahui, kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh pada indeks massa tubuh.

Membereskan tempat tidur setiap pagi berpotensi membuat Anda kembali melakukan kebiasaan sehat lainnya, termasuk menyiapkan bekal makan sendiri.

Ini dia Rahasia nya Bugar Saat Bangun di Pagi Hari

  1. Tidak menimbang berat badan

kebiasaan di pagi hari yang membaut tubuh semakin gemuk

Seorang peneliti dari Cornell University melakukan studi terhadap 162 wanita dan pria yang mengalami obesitas. Mereka menemukan bahwa responden yang rutin menimbang berat badannya setiap pagi lebih berhasil dalam program menurunkan berat badan.

Menimbang berat badan di pagi hari sangat dianjurkan karena pada umumnya hasil yang ditunjukkan akan lebih akurat.

Makanan Sehat Yang Mampu Menurunkan Berat Badan

  1. Melewati waktu sarapan

kebiasaan di pagi hari yang membaut tubuh semakin gemuk

Tak sedikit orang yang dengan sengaja melewatkan waktu sarapan pagi hanya karena takut gemuk. Padahal persepsi tersebut justru keliru. Menurut seorang nutrisionis, sarapan sebenarnya justru bisa membantu seseorang mempertahankan berat badan.

Penelitian telah membuktikan bahwa sarapan tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Justru jika Anda tidak sarapan, nantinya Anda akan ngemil. Kebiasaan ngemil itulah yang akan membuat Anda menjadi gemuk, karena terkadang  makanan kecil lebih padat kalori daripada menu sarapan pagi. (fmz/pm)

Comments
Loading...