advertisement

Kebiasaan Menjengkelkan Yang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

judi

Beberapa kebiasaan yang bisa membuat jengkel orang lain ternyata justru memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho

Kebiasaan Menjengkelkan Yang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

FENOMAGZ – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan tersendiri yang terkadang secara tidak sadar atau tidak sengaja mereka lakukan di tempat umum. Di antara kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan, pasti ada beberapa yang dianggap mengganggu orang lain.

Namun tahukah Fenomen bahwa beberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat jengkel orang lain tersebut justru memiliki beragam manfaat untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa membuat orang lain jengkel namun bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Nyanyi sambil mandi

Tak sedikit orang yang ‘hobi’ bernyanyi di kamar mandi. Jika kebetulan suara yang bersangkutan pas-pasan, bisa jadi aktivitas bernyanyi sambil mandi ini bisa membuat jengkel orang lain. Namun ternyata, bernyanyi sambil mandi ada manfaat tersembunyinya lho.

Disebutkan bahwa ternyata bernyanyi bisa memperkuat sistem imun tubuh serta mencegah depresi dan stroke. Saat bernyanyi, otak kiri (yang berkaitan dengan logika dan analisis) menggunakan 85 persen waktu kita dan akibatnya, otak kanan (yang berkaitan dengan kreativitas serta emosi) akan terisi ulang.

  1. Menggigiti kuku

Bagi sebagian orang, kebiasan menggigit kuku adalah kebiasaan yang jorok karena pada kuku terdapat banyak bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit tertentu.

Meski kebiasaan menggigiti kuku bisa terjadi pada orang dewasa, tapi umumnya anak-anaklah yang sering melakukan kebiasaan ini. Meskipun kebiasaan ini dianggap kotor, namun sebuah penelitan terbaru menunjukkan bahwa anak yang punya kebiasaan menjengkelkan ini memiliki risiko lebih rendah mengalami alergi tertentu. Dalam studi ini, peneliti mengamati kebiasaan menggigit kuku dan mengisap jempol 1.000 anak usia 5 sampai 11 tahun. Kemudian, mereka menjalani tes alergi di usia 13 dan 32 tahun. Hasilnya mengejutkan karena mereka yang punya kebiasaan menggigit kuku tidak terlalu sensitif terhadap alergen, dengan persentase sampai 31 persen.

Meskipun para peneliti tidak menganjurkan kebiasaan ini untuk dilakukan, tapi setidaknya ada sisi positif yang bisa diambil dari kebiasaan menjengkelkan ini.

  1. Menggerak-gerakkan kaki

Tak hanya bernyanyi sambil mandi dan menggigiti kuku saja yang bisa jadi kebiasaan yang bikin orang lain jengkel, tapi kebiasaan menggerak-gerakan atau menggoyang-goyangkan kaki juga bisa.

Namun, sebuah studi mengungkap bahwa aktivitas tersebut bisa membantu mengurangi efek duduk terlalu lama. Untuk membuktikannya, pernah dilakukan penelitian dari tahun 1999 sampai 2002, dengan lebih dari 12.000 orang yang diamati kebiasaan duduknya, termasuk aktivitas fisik dan menggerakkan kaki yang dilakukan.

Setelah 12 tahun, angka kematian mereka diukur. Dan hasilnya mengejutkan bahwa mereka yang sering duduk selama 5 sampai 6 jam per hari dan sering menggerakkan kaki punya angka kematian lebih rendah, dibanding dengan mereka yang duduk selama 7 jam atau lebih sehari dan jarang menggerakkan kaki.

Jadi kesimpulannya, menggerak-gerakkan kaki atau melakukan aktivitas fisik bisa mengurangi dampak buruk akibat terlalu lama duduk.

  1. Bersenandung

Mendengar orang bersenandung, apalagi dengan suara yang pas-pasan dan nada yang tidak jelas bisa jadi hal yang menyebalkan. Tapi, sebuah studi menunjukkan bahwa bersenandung selama 5 menit bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam studi itu, sebanyak 50 peserta diminta mengambil napas perlahan maksimal selama 5 detik dan menghembuskan napas, maksimal 15 detik sambil bersenandung. Setelah dilakukan 5 menit, tekanan darah peserta diukur dan ternyata hasilnya lebih rendah ketimbang di awal percobaan. Selain itu, denyut jantung mereka pun mengalami penurunan. (fmz/pm)

Comments
Loading...