Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh

0

 

FENOMAGZ – Fenomen, perlu Anda ketahui bahwa setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Metabolisme tubuh yang sehat bisa menangkal penyakit atau menghindari Anda dari terserang nya penyakit. Jika metabolisme tubuh Anda melambat, maka kebugaran fisik Anda juga akan terganggu. Akibatnya, Anda lebih sering merasa lemas, lesu, dan lunglai saat beraktivitas.

Selain itu, ternyata ada lho beberapa kebiasaan yang jika dilakukan dapat mengganggu kecepatan metabolisme tubuh. Apa saja kebiasaan yang bisa mengganggu metabolisme tubuh? Berikut rangkuman nya.

Salah menu sarapan

Sarapan pagi memang sangat penting dan dianjurkan, namun yang tak kalah penting adalah pemilihan menu sarapan yang tepat. Salah memilih menu sarapan ternyata bisa mengganggu metabolism tubuh lho. Saat sarapan, Anda dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi asupan karbohidrat dibandingkan protein.

Selain itu, tambahkan juga asupan protein dalam menu sarapan Anda, seperti menambahkan telur, susu atau yoghurt.

Tidak makan setelah olahraga

Anda sedang dalam program penurunan berat badan dan lantas sengaja tak makan setelah melakukan latihan fisik? Salah besar.

Mengkonsumsi asupan yang tepat minimal satu jam setelah berolahraga justru akan membantu meningkatkan massa otot dan membantu tubuh kembali pulih. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda direkomendasi kan untuk mengkonsumsi asupan yang terdiri dari 10-15 gram protein dan 15 gram karbohidrat.

Kurang jam tidur

Biasanya, banyak orang yang meremehkan waktu tidur yang cukup. Sebaiknya Anda jangan menganggap remeh pentingnya mencukupi jam tidur setiap hari.

Baca juga:   Tips Cara yang Aman Membersihkan Mr P dengan Benar

Sebuah studi menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu irama jantung yang membantu menjaga metabolisme Anda tetap stabil. Efek nya, tubuh pun justru menjadi kurang fit dibandingkan biasanya.

Kurang minum air putih

Seorang ahli menyebut bahwa proses metabolisme tubuh memerlukan dhidrasi yang cukup. Jika seseorang sampai mengalami dehidrasi, maka fungsi kerja sistem-sistem organ tubuh bisa melambat dan tidak bekerja secara optimal.

Mandi air hangat

Jika tubuh Anda sedang dalam kondisi fit alias tidak sedang sakit, sebaiknya Anda menghindari mandi air hangat di pagi hari, apalagi jika saat itu matahari sudah mulai muncul. Seorang psikiater di Texas menuturkan bahwa mandi air panas justru akan membuat sistem saraf dan otot rileks.

Selain itu, detak jantung Anda pun akan melambat. Sehingga, bukannya terasa segar, mandi air hangat sebelum ber aktivitas justru bisa membuat Anda ngantuk. Jika ingin lebih bersemangat, mandi lah air dingin dengan durasi waktu tidak terlalu lama. Dengan begini, akan dilepaskan hormon adrenalin yang membuat tubuh lebih berenergi. (fmz/pz)

Comments
Loading...