Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kebiasaan ini yang Dapat Merusak Kualitas Sperma

Suka atau tidak, faktanya jumlah pria yang bermasalah dengan sperma makin meningkat

 

FENOMAGZ – Pria tanpa disadari sering melakukan kebiasaan yang dapat mempengaruhi kualitas sperma. Apabila bagi anda yang ingin memiliki momongan dekat-dekat ini. Suka atau tidak, faktanya jumlah pria yang bermasalah dengan sperma makin meningkat. Jumlah sperma yang sehat dan normal makin menurun dalam beberapa dekade terakhir ini.

Berikut ini yang baik anda perhatikan kebiasaan anda yang dapat menyebabkan kerusakan sperma :

Begadang

Kurangnya tidur kerap dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Termasuk merusak sperma, pria dengan durasi tidur kurang dari 6 jam akan mengalami penurunan kesuburan hingga 31 persen dibanding pria dengan durasi 7-8 jam permalam.

Alasanya, kurang tidur menurunkan produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting pada pembentuk sperma. Tapi terlalu banyak tidur juga tak baik. Pria yang tidur lebih dari sembilan jam per malam juga menunjukkan masalah kesuburan. Jadi 7-8 jam per malam adalah durasi yang ideal.

Salah pelumas

Penggunaan pelumas saat bercinta kadang membantu. Tapi hati-hati, bisa juga merusak sperma. Beberapa merk pelumas bisa menghambat motilitas sperma. Motilitas adalah kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur.

Kesuburan pria disebabkan oleh tebalnya lapisan cairan pelumas. Ketebalan itu menghalangi pergerakan sperma. Ditambah lagi cairan pelumas mengandung asam hidrolik yang bisa membunuh sperma. Jika tujuannya hanya bercinta, maka pasangan itu akan sedikit diuntungkan karena pelumas tersebut turut mengalami sperma.

Baca juga:   Tradisi Terunik di Jepang yang Terkait Dengan Seks

Kurang makan ikan

Ikan terbukti baik untuk kesehatan sperma, kualitas sperma terlihat lebih baik pada pria yang rajin mengkonsumsi ikan tuna atau salmon. Sebaiknya, daing olahan merupakan musuh bagi kesehatan sperma.

Kebiasaan minum soda

Satu kaleng soda sehari bisa merusak sperma. Kemampuan sperma untuk bergerak akan berkurang. Alasanya, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang bisa menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini bisa merembet jadi peradangan, yang membuat pergelangan sperma terlambat. Kebiasaan minum soda bisa membuat gemuk. Kegemukan juga kerap dituding sebagai penyebab berbagai kesehatan, termasuk masalah kesuburan pada pria. (fmz/pz)

 

Comments
Loading...