Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kelebihan Gula dan Garam Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Loh

0

Mengonsumsi gula dan garam secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan loh Fenomen

 

FENOMAGZ – Selama ini Fenomen mengenal bahwa makanan yang kaya akan gula dan garam dapat membahayakan kesehatan. Namun sebenarnya, manakah di antara kedua zat ini yang paling membahayakan bagi kesehatan tubuh?

Seperti dilansir dari fitsugar.com, kelebihan garam atau sodium mampu menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi. Saat tekanan darah Anda naik maka beberapa penyakit lainnya akan mengikuti seperti stroke hingga penyakit jantung. Hal ini disebabkan saat tekanan darah Anda naik maka jantung akan bekerja keras untuk memompa lagi. Keadaan ini diperparah lagi dengan sodium yang ada di dalam darah dan menghambat aliran darah memasuki jantung.

Menurut badan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika, asupan garam berasal dari 4 sumber utama yaitu 75% dari makanan olahan, 12% dari rasa asli makanan tersebut, 6% dari penambahan garam di masakan ketika Anda makan, dan 5% dari makanan rumahan.

Sedangkan kelebihan gula mampu menyebabkan kenaikan lemak di dalam tubuh sebab kebanyakan gula akan menyebabkan penuaan sel lebih dini dan peradangan yang berlebihan. Ketika Anda makan gula secara berlebihan, maka tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon insulin. Peningkatkan hormon insulin ini akan mendorong tubuh untuk lebih banyak melepaskan sodium sehingga yang timbul adalah ketidakseimbangan hormon dan kebaikan tekanan darah.

Gula dan garam mendominasi hampir di semua makanan yang Anda makan. Serta keduanya sama-sama menimbulkan bahaya kesehatan yang buruk untuk tubuh.

Baca juga:   Cara Bersihkan Telinga Yang Berbahaya Bagi Pendengaran

Oleh karena itu bukan tidak mungkin Anda dapat mengonsumsi gula dan garam secara berlebih yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan dan perhatikan dengan baik kandungan gula dan garam yang ada di dalamnya. (fmz/pm)

Comments
Loading...