advertisement

Kenapa Bayi Rentan Kena Penyakit HIV/AIDS? Ini Penjelasannya!

berikut ini alasan kenapa bayi rentan kena penyakit HIV/AIDS

judi

FENOMAGZ – Ini mungkin sudah tidak terlalu asing bagi Anda. Ibu hamil yang menderita HIV dapat menularkan virus tersebut kepada bayinya. Penularan ini dapat terjadi ketika bayi masih di dalam janin, ketika proses kelahiran, dan ketika menyusui. Penularan dari ibu ke bayi ini adalah penyebab paling sering mengapa anak-anak terkena HIV/AIDS. Penularan HIV dari ibu ke bayi sebenarnya bisa dicegah, jika:

Baca juga: Kenapa Melakukan Seks Saat Haid Dapat Meningkatkan Risiko Infeksi Menular Seksual?
  • Perempuan yang mengidap HIV mendapatkan pengobatan HIV selama kehamilan dan saat proses melahirkan atau secara khusus menjadwalkan kelahiran melalui operasi caesar. Operasi caesar menimalisir kemungkinan cairan-cairan tubuh ibu menginfeksi bayi saat proses kelahiran berlangsung.
  • Bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita HIV kemudian diberi obat HIV selama 6 minggu setelah lahir dan tidak diberi ASI. Di Amerika Serikat, ibu yang menderita HIV dianjurkan untuk tidak menyusui bayinya dan mengganti ASI dengan susu formula sebagai salah satu pilihan untuk mencukupi kebutuhan gizi bayi.

Obat-obatan HIV mengurangi jumlah virus HIV dalam tubuh. Berkurangnya jumlah virus ini secara langsung dapat menurunkan kemungkinan ditularkannya HIV kepada bayi baik selama di dalam kandungan maupun saat proses kelahiran. Sebagian kecil dosis dari obat-obatan juga kemudian dapat diteruskan ke bayi melalui plasenta. Ini dapat melindungi bayi dari infeksi HIV terutama saat proses kelahiran normal karena proses kelahiran melalui jalur vaginal mengekspos bayi terhadap cairan tubuh ibu yang membawa virus HIV. (fmz/bb)

Comments
Loading...