advertisement

Kenapa Melakukan Seks Saat Haid Dapat Meningkatkan Risiko Infeksi Menular Seksual?

berikut ini alasan melakukan seks saat haid dapat meningkatkan risiko infeksi menular

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Penting untuk melakukan seks yang aman saat Anda sedang menstruasi, karena Anda masih bisa mendapatkan atau menularkan penyakit menular seksual, seperti HIV, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Tidak semua penyakit menular seksual ditularkan dengan cara yang sama. Infeksi yang berkaitan dengan haid adalah infeksi yang ditularkan melalui darah, seperti HIV. Virus ini dapat kita temukan dalam darah, dan selama menstruasi, akan ada lebih banyak darah yang memungkinkan pasangan seks terkena virus tersebut. Hal itu mungkin saja terjadi, bahkan jika Anda telah mempraktikkan seks dengan benar.

Baca juga: Cara Agar Pasangan Anda Tidak Terlalu Emosional Sehabis Berhubungan Seks

Seks saat haid dapat meningkatkan risiko penularan HIV heteroseksual. Akan ada paparan darah saat berhubungan seksual. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa ada bukti yang memperlihatkan seks saat haid juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit menular seksual lainnya.

Lauren Streicher, MD., seorang dosen klinis asosiasi kebidanan dan ginekologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, mengatakan dua alasan untuk risiko ini. “Setiap cairan tubuh membawa HIV atau penyakit lainnya, dan selama masa haid Anda, leher rahim akan terbuka sedikit, yang memungkinkan virus untuk melewatinya,” katanya. “Pesan saya kepada wanita adalah, Anda tidak akan aman jika Anda tidak menggunakan perlindungan.”

Anda juga mungkin lebih rentan terhadap beberapa infeksi lainnya pada saat haid. Vagina mempertahankan tingkat pH 3,8 hingga 4,5 sepanjang bulan, menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Tapi, saat menstruasi, tingkat pH lebih tinggi dari darah, sehingga mikroorganisme mampu berkembang lebih pesat. (fmz/bb)

Comments
Loading...