Kenapa Wanita Asia Lebih Rentan Kena Osteoporosis?

berikut ini beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi

FENOMAGZ – Esteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang Anda menurun sehingga membuat tulang jadi mudah keropos dan retak. Risiko wanita mengidap osteoporosis empat kali lebih besar dibandingkan dengan risiko pada pria.

Baca juga: Fakta Mengapa Pria Menyukai Wanita Berbokong Besar

Berbagai penelitian menyebutkan jika wanita Asia lebih tinggi mengalami osteoporosis. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, yaitu:

  • Secara umum asupan kalsium wanita Asia rendah. Salah satu alasannya karena sekitar 90 persen wanita Asia mengalami intoleransi laktosa, yang menyebabkan mereka tidak bisa mengkonsumsi prosuk susu hewani. Padahal, susu merupakan sumber utama kalsium dalam makanan yang berperan penting membangun dan mempertahankan kerangka tulang yang sehat.
  • Kebanyak wanita etnis Asia memiliki postur tubuh yang relatif kecil, karena kerangka tulangnya lebih kecil dibandingkan dengan etnis lainnya. Hal ini membuat masa tulang mereka lebih rendah daripada rata-rata massa tulang orang-orang diseluruh dunia. Akibatnya, ada risiko lebih besar mengalami patah tulang akibat osteoporosis.

Selain berbagai hal yang sudah disebutkan di atas, pada dasarnya semua wanita di seluruh dunia lebih berisiko mengalami osteoporosis dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan hormon estrogen sebagai akibat dari proses menopause. Hormon estrogen ikut berperan dalam proses produksi massa tulang serta mampu mengendalikan aktivitas pembentuk tulang (osteoblast) dan penyerapan tulang (osteoclast).

Selain menopause, wanita juga akan lebih rentan mengalami osteoporosis apabila memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, mendapatkan menstruasi pertama pada usia lebih muda, dan mengalami menopause lebih cepat. (fmz/bb)

Comments
Loading...