Fenomagz
Unleash the Wild Side

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Banyak Orang Saat Mandi

0

Tak hanya menyehatkan, mandi juga bisa menyegarkan badan

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Banyak Orang Saat Mandi

FENOMAGZ – Seperti yang banyak orang ketahui, mandi merupakan salah satu aktivitas harian yang menyehatkan. Karena dengan mandi, segala bakteri dan keringat yang menempel pada kulit setelah seharian beraktivitas bisa terangkat. Tak hanya menyehatkan, mandi juga bisa menyegarkan badan.

Namun demikian, tanpa Anda sadari ternyata ada lho beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mandi yang bisa merusak kulit.

Apa saja kebiasaan buruk saat mandi yang bisa merusak kulit tersebut? Berikut adalah daftarnya.

  1. Terlalu sering mengganti sampo

Tahukah Fenomen bahwa terlalu sering mengganti-ganti sampo bisa mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala? Beberapa peneltian menyebutkan bahwa sampo sebaiknya diganti hanya apabila terjadi sesuatu secara alami pada kulit kepala, misalnya saat berketombe atau karena faktor usia.

Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin menuturkan bahwa kulit kepala memang bisa teriritasi dan menjadi kering apabila Anda menggunakan sampo yang tidak tepat, baik dari jenis hingga frekuensinya yang terlalu sering.

  1. Terlalu banyak pakai sabun

Saat Fenomen mandi, ada baiknya Anda menggunakan shower gel atau sabun secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak. Karena kebiasaan tersebut bisa mengikis minyak alami dari tubuh Anda, yang nantinya akan berefek kulit akan terasa gatal dan kering. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa memperparah beberapa masalah kulit, seperti eksim.

  1. Tidak bersih membilas sabun

Saat mandi atau keramas, pastikan bahwa Anda sudah membilas sabun dan sampo hingga bersih ya. Pasalnya, jika Anda sering lupa membilasnya sampai bersih, dan lalu langsung mengelapnya dengan handuk, maka kulit Anda akan mengalami iritasi.

Baca juga:   Tidur Secukupnya Dapat Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Berat
  1. Keramas setiap hari

Fenomen sudah tahu bahwa sebaiknya Anda tidak keramas setiap hari? Jika belum, sebaiknya Anda tidak mengeramas rambut setiap hari. Pasalnya, bahan kimia yang terdapat di dalam sampo tanpa Anda sadari bisa menghilangkan minyak esensial alami yang ada di kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala Anda bisa  kering. Oleh karena itu, Anda hanya cukup keramas tiga kali seminggu.

Meskipun Anda adalah tipe orang yang mudah atau cenderung berkeringat, Anda tidak perlu keramas. Anda cukup membasuh rambut dengan air dan tanpa menggunakan sampo saja sudah tidak masalah. Akan tetapi, jika Anda mengalami hiperhidrosis (keringat berlebih), Anda memang dianjurkan untuk keramas setiap hari dengan sampo berbahan ringan yang cocok untuk jenis rambut.

  1. Menggosok dengan handuk terlalu kasar

Saat selesai mandi, umumnya seseorang akan mengeringkan tubuh dengan menggunakan handuk. Tapi sebenarnya, sudah benarkah Anda dalam mengeringkan kulit?

Ketika ingin mengeringkan badan, gunakanlah handuk yang halus dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut. Hindari untuk menggosokannya ke tubuh dengan kasar. Karena kebiasaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Pada rambut, kebiasaan seperti ini dapat merusak kesehatan kulit kepala dan menyebabkan rambut mudah rontok. (fmz/pm)

Comments
Loading...