advertisement

Langkah-langkah Tes Kesuburan Pria Untuk Memeriksa Kelayakan Sperma

berikut ini langkah-langkah tes kesuburan pria untuk memeriksa kelayakan sperma

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Setiap pria akan dilarang untuk terlibat dalam aktivitas seksual apapun (penetrasi anal, oral, dan/atau vaginal) baik sendiri maupun dengan berpasangan minimal 48 jam sebelum Anda atau pasangan Anda melakukan uji sperma.

Baca juga: Mengapa Vagina Basah Saat Bercinta? Ini Penjelasannya!

Di rumah sakit atau klinik kesuburan tempat pengujian, teknisi lab akan meminta Anda menyerahkan sampel air mani yang didapatkan dengan cara masturbasi. Sampel mani kemudian ditampung dalam wadah steril yang diberi nama, tanggal, waktu pengeluaran, dan lama berpantang dari aktivitas seksual.

Sampel sebaiknya langsung dikumpulkan saat itu juga di lokasi pengujian untuk menjaga kualitas sampel tetap baik. Apabila harus dilakukan di rumah, batas pengumpulan dan pengantaran sampel paling maksimal adalah satu jam sebelum waktu pengujian. Selama perjalanan ke laboratorium, suhu sampel harus berkisar antara 20–40°C agar tidak merusak kualitasnya.

Sampel yang telah tiba di laboratorium sebaiknya dianalisis sesegera mungkin. Analisis cairan semen terdiri dari dua macam, yaitu pemeriksaan makroskopis dan mikroskopis (menggunakan mikroskop).

Analisis air mani setidaknya dilakukan dua kali, berjarak setidaknya tujuh hari atau lebih dari tiga bulan. Jika hasil dari dua pemeriksaannya sangat berbeda, maka perlu diperiksa sekali lagi. Satu kali analisis sperma tidak dapat mencerminkan diagnosis yang paling akurat. (fmz/bb)

Comments
Loading...