Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Judi

judi

Pola makan yang buruk dan jarang berolahraga bisa jadi penyebab utama munculnya penyakit jantung dan stroke

 

FENOMAGZ – Fenomen ada masalah dengan penyakit jantung (kardiovaskular)? Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Salah satu penyebab utama munculnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah pola makan yang buruk dan jarang berolahraga. Kebiasaan buruk tersebut dapat memicu terjadinya penumpukan lemak dan penyumbatan pembuluh darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Untuk mencegah kondisi tersebut, sejumlah penelitian merekomendasikan para penderita penyakit kardiovaskular untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan tersebut?

  1. Ikan

makanan sehat untuk penderita jantung

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dua porsi dalam seminggu bisa mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi ikan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen ikan. Hal ini dikarenakan ikan mengandung beberapa gizi yang tidak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yang memberikan manfaat baik bagi jantung.

Selain ituk ikan juga mengandung berbagai gizi lain seperti vitamin D, selenium, dan yodium yang juga bermanfaat bagi penyakit kardiovaskular. Namun perlu diingat, ikan bukanlah satu-satunya cara untuk terhindar dari penyakit jantung.

Selain mengonsumsi ikan, Anda juga tetap perlu mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok, dan aktif secara fisik seperti berolahraga.

  1. Makanan pedas

makanan sehat untuk penderita jantung

Menurut penelitian, senyawa yang terdapat dalam cabai cayannes, jalapenos, dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Selain itu cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Zat pedas dalam cabai dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dengan mengurangi akumulasi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan capsaicinoids juga bisa membuat otot-otot menjadi rileks sehingga melancarkan aliran darah ke jantung.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi cabai secara berlebihan. Ingat, cabai bukanlah pengganti obat medis yang telah terbukti manfaatnya.

  1. Kulit kentang

makanan sehat untuk penderita jantung

Tahukah Fenomen bahwa kulit kentang yang selama ini Anda anggap sampah memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta mengurangi penimbunan lemak. Kadar kolesterol yang normal dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kandungan serat dalam kulit kentang sangat baik untuk seseorang yang menderita tekanan darah tinggi dan diabetes. Karena jenis serat  yang larut dalam air ini dapat mengontrol kerja insulin.

  1. Teh hijau

makanan sehat untuk penderita jantung

Teh yang memiliki rasa unik ini telah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan. Pakar obat-obatan asal Tiongkok tlah menggunakan teh hijau selama berabad-abad.

The hijau mengandung resveratrol dan katekin yang mampu meningkatkan kandungan antioksidan, mencegah pembentukan plak di pembulih darah dan berperan sebagai antikanker.

  1. Walnut dan almond

makanan sehat untuk penderita jantung

Sama seperti salmon, walnut dan almond mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang-kacangan tersebut juga mengandung vitamin E, magnesium, folat, dan serat.

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi satu genggam kacang-kacang tersebut setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung. (fmz/pm)

Comments
Loading...