Fenomagz
Unleash the Wild Side

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan belum banyak yang tahu kalau berkebun sangat bermanfaat

 

Fenomagz – Mungkiin tidak banyak orang yang suka dengan melakukan aktivitas berkebun. Walaupun demikian ternyata ada yang harus Fenomen ketahui kalau melakukan aktivitas berkebun bisa membantu Fenomen untuk menjaga kesehatan mental dan fisik Fenomen.

Salah seorang professor yang bernama Tim Lang dari centre for Food Policy di sebuah university yaitu University London membuktikan kalau ternyata dengan banyak melakukan kontak dengan tanaman dan hewan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang yang melakukan hal itu.

Bagi beberapa masyarakat terutama anak-anak dan dewasa yang terbiasa hidup dengan kondisi yang menantang fisik dan mental. Melakukan aktivitas berkebun memiliki banyak manfaat. Dengan melakukan kegiatan tersebut dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit serius. Selain itu juga dapat mencegah memperburuk kondisi kesehatan seseorang.

Banyak sekali manfaat yang tersebunyi di balik aktivitas bercocok tanam. Sebagai contohnya dibawah ini.

Tanah tanaman bisa menjadi antidepresan, banyak yang tidak mengetahui kalau tanah memiliki antidepresan yang berguna pada otak untuk memperbaiki suasana hati. Hal ini terlah dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Brisbol dan University Collage London membuktikan kalau paparan baik pada tanah sama dengan antidepressant yang memiliki manfaat yang baik untuk suasana hati.

Memberikan efek menenangkan, seorang psikoterapis Hilda Burke mengatakan dengan melakukan aktivitas berkebun dapat membantu orang melupakan masalah yang sedang dihadapi dalam waktu temporary. Sehingga mereka dapat merasakan rileks dan tidak terlalu stress dengan masalah yang sedang dihadapi.

Baca juga:   5 Fakta Tentang Tidur Siang Yang Penting Diketahui (2)

Kesehatan otak meningkat, melakukan aktivitas berkebun salah satu hal yang termasuk dalam belajar untuk menyelesaikan masalah. Beberapa hasil penelitian membuktikan manfaat dari terapi berkebun bisa membantu para penderita Alzheimer dan demensia hidup lebih sehat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychiatry Investigation menemukan manfaat terapi hortikultural untuk mengurangi nyeri, menambah fokus, mengurangi stres dan mengurangi risiko terjatuh. Badan amal Thrive juga menggunakan berkebun untuk membantu orang dengan masalah kejiwaan, misalnya tentara yang mengalami Post Traumatic Stress. Studi terakhir menyebutkan pada pasien berisiko demensia, selama beberapa tahun memori dan konsentrasinya memang tidak mengalami perubahan tapi suasana hati dan kegiatan bersosialisasinya jadi lebih baik setelah berkebun.(FMZ/AS)

Comments
Loading...