Beranda Healthy Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

bersepeda

Bersepeda, Olahraga Tren di Masa Pandemi Covid-19

Fenomagz – Di masa pandemi COVID-19 ini, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Selain menghindari kontak dengan orang lain sebisa mungkin, olahraga juga sangat diperlukan untuk pencegahan penularan virus mematikan ini.

Sebagai informasi, hingga saat ini virus COVID-19 sudah menginfeksi lebih dari 41 juta orang di lebih dari 200 negara, dan sudah menewaskan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia.

Menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran sangat penting dilakukan untuk meningkatkan daya tahan dan imun tubuh kita agar terhindar dari virus-virus berbahaya yang bisa mengancam kesehatan kita.

Lalu apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat masa pandemi? Sebenarnya, semua olahraga bisa dilakukan, termasuk olahraga di rumah.

Jika di masa new normal ini anda masih khawatir untuk keluar rumah, anda bisa melakukan berbagai olahraga kebugaran tubuh seperti senam, yoga, zumba dan olahraga kecil lainnya.

Anda juga bisa melakukan olahraga yang tidak melibatkan orang banyak seperti bulutangkis di halaman rumah anda sendiri.

Tapi di era kelonggaran pandemi COVID-19 sudah banyak orang yang berani keluar rumah untuk berolahraga, meskipun gym belum banyak yang dibuka. Mereka memanfaatkan waktu new normal ini untuk menjaga kebugaran tubuh.

Salah satu olahraga yang menjadi tren di masa pandemi COVID-19 ini adalah bersepeda. Yap, saat ini olahraga bersepeda sangat ramai dilakukan.

Bahkan banyak bermunculan komunitas sepeda baru saat tren ini muncul di masa pandemi ini.

Tren bersepeda ini juga membuat orang membeli sepeda baru, bahkan banyak toko sepeda yang kehabisan stok karena permintaan pasar yang sangat tinggi.

Baca juga: Berikut 5 Barang Koleksi Termewah Milik Pesepak Bola Neymar

Pertanyaannya, apakah bersepeda memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? Tentu saja iya. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga sepeda ini, diantaranya :

  • Menambah Keseimbangan, Koordinasi Otot Tubuh, dan Kekuatan Tubuh
  • Mengurangi rersiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi paru.
  • Meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan stress
  • Mengontrol berat badan
  • Meningkatkan imun tubuh
  • Meminimalisir penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

Bersepeda tidak hanya membuat tubuh sehat, dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa bersepeda juga membuat mood terjaga dengan baik dan akan menurunkan tingkat stres karena bersepeda meningkatkan keseimbangan dan kesehatan otak.

Namun di masa pandemi ini, banyak yang harus diperhatikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi meminimalisir terserang virus COVID-19 seperti menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan sarung tangan, menggunakan masker saat berhenti, dan wajib membawa hand sanitizer saat bersepeda. Selain itu, patuhi rambu-rambu lalu lintas agar selamat saat bersepeda di jalanan.

sepeda lipat

Nah, buat anda yang ingin memulai olahraga sepeda tentu anda harus memiliki sepeda. Dan kami akan memberikan sedikit tips memilih sepeda yang bagus.

  • Gunakan sepeda yang memiliki bobot yang ringan. Sepeda yang ringan membantu mengurangi resiko kehabisan stamina terlalu cepat.
  • Perhatikan fungsi sepeda, setiap jenis sepeda memiliki fungsi yang berbeda. Contoh, sepeda MTB adalah sepeda untuk menyusuri jalanan tanah atau gunung.
  • Gunakan sepeda yang fleksibel seperti sepeda lipat element. Ini akan mempermudah anda membawa sepeda ketika ingin bersepeda di luar kota.

Bersepeda memang menyehatkan tubuh kita dan meningkatkan kebugaran, namun perlu diperhatikan bahwa keselamatan diri saat bersepeda juga penting. Gunakan lajur khusus bersepeda agar terhindar dari kecelakaan. Juga jangan lupa patuhi rambu lalu lintas di jalanan.