advertisement

Manfaat Kesehatan yang Terkandung Pada Daun Belalai Gajah

berikut ini penjelasan manfaat yang terkandung pada daun belalai gajah

judi

FENOMAGZ – Daun belalaigajah seringnya direbus untuk diminum airnya beberapa kali sehari, atau daun bekas rebusannya yang dijadikan kompres dingin. Pada awalnya daun belalai gajah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan gigitan ular.

Manfaat ini berasal dari sifat anti-lisis sel daunnya. Lisis itu sendiri adalah proses kerusakan atau pecahnya sel sebagai akibat dari kondisi eksternal, misalnya racun gigitan ular. Daun belalai gajah juga bisa digunakan untuk mengobati gigitan kaljengking dan ruam gatal reaksi alergi daun jelatang.

Baca juga: Kue Hingga Hiasan, Berikut 3 Produk Terinspirasi Dari Alat Kelamin Wanita

Namun seiring perkembangan zaman, makin banyak penelitian yang melaporkan bahwa daun belalai gajah memiliki sifat antivirus, anti-peradangan, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi sejumlah penyakit tertentu. Di Cina, tanaman ini digunakan untuk mengobati kondisi peradangan, seperti hematoma, geger otak ringan, terkilir dan keseleo, juga remati.

Daun belalai gajah juga dipercaya oleh herbalis Cina ampuh mengobati demam, malaria, vertigo, nyeri PMS, anemia, penyakit kuning, juga sebagai terapi patah tulang. Di Indonesia dan Malaysia, daun ini banyak digunakan untuk mengobati asma, disentri, disuria (rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil), dan diabetes.

Berbagai percobaan klinis juga telah dilakukan untuk mengetahui keampuhan ekstrak daun ini untuk mengobati luka herpes genital. Pada umumnya, luka kulit herpas membutuhkan waktu 3 hari hingga matang berkerak, dan bisa sembuh dalam 7 hari.

Peneliti menemukan bahwa infeksi kulit pada pasien herpes yang diberi suplemen daun dandang bisa sembuh lebih cepat daripada kelompok pasien yang hanya diberi obat plasebo. Selain itu, ekstraknya menunjukkan kemanjuran yang sama dengan obat antiviral acyclovir, yang biasa diresepkan untuk mengobati infeksi herpes.

Daun belali gajah bahkan digadang sebagai obat kanker alternatif yang bekerja mirip obat kemotrapi berkat kandungan antioksidan dan sifat anti-kankernya. Selama bertahun-tahun, alkaloid tanaman telah menjadi sumber senyawa yang digunakan dalam kemotrapi modern. Taxol, obat kanker payudara, misalnya diramu menggunakan ekstrak kulit tanaman Taxus brefiola (pacific Yew). (fmz/bb)

Comments
Loading...