Siapa Bilang Tidur Telanjang Tak Bermanfaat? Ini Buktinya

Jika Anda tipe orang yang tidur tanpa mengenakan baju, berbahagialah karena tidur telanjang banyak manfaatnya

Siapa Bilang Tidur Telanjang Tak Bermanfaat Ini Buktinya

FENOMAGZ – Fenomen, pernahkah terbayang dalam pikiran Anda untuk tidur telanjang tanpa mengenakan baju satu pun? Di dunia ini ada dua tipe orang saat ingin tidur, mereka yang tidur dalam balutan baju tidur lengkap dari atas ke bawah dan mereka yang tidur telanjang bulat.

Jika Anda termasuk salah satu dari segelintir orang yang masuk ke tipe kedua, maka berbahagialah. Karena ternyata banyak lho manfaat dari tidur telanjang bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda sadari sebelumnya. Apa saja manfaat tidur telanjang? Berikut uraiannya.

  1. Tidur lebih nyenyak

Saat tidur malam, suhu tubuh Anda akan menurun saat tidur malam. Penurunan suhu tubuh pada malam hari tersebut akan membantu mempercepat produksi hormon tidur nyenyak (melatonin) sambil sementara menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh.

Ketika Anda bangun pada pagi harinya, suhu tubuh dan kortisol akan kembali naik untuk mempersiapkan diri Anda dari lonjakan energi. Namun demikian, proses ini bisa saja terganggu oleh peningkatan panas tubuh akibat mengenakan bkain yang berlapis-lapis saat tidur, mulai dari pakaian dalam, celana pendek atau panjang, hingga baju tidur dan selimut.

Karena terlalu banyak kain yang digunakan, maka panas akan memerangkap tubuh sehingga membuat tubuh Anda mudah kegerahan yang bisa membuat tidur Anda jadi tidak nyenyak.

  1. Bikin awet muda

Lingkungan tidur yang terlalu hangat dan lembap bisa mencegah penurunan suhu tubuh yang diperlukan untuk tidur nyenyak. Tak hanya itu, suhu tubuh yang terlalu tinggi selama tidur (lebih dari 21ºC) juga bisa mengganggu produksi hormon anti-penuaan yang bekerja memperbaiki setiap kerusakan dalam tubuh. Hormon tersebut bisa memuluskan luka, bintik-bintik, dan bahkan keriput di kulit.

Ketika Anda tidur dalam ruangan yang gelap total, hormon melatonin akan dilepaskan yang akan memicu pendinginan suhu inti tubuh. Sementara suhu tubuh menurun, hormon “awet muda” akan dilepaskan.

Oleh karena itu, jika Anda tidur menggunakan pakaian tidur lengkap, tentu saja proses tersebut akan sedikit terhambat oleh kehadiran panas tambahan yang menyelimuti tubuh Anda.

  1. Mencegah infeksi jamur

Mengenakan celana dalam atau celana piyama saat tidur akan mendorong peningkatan produksi keringat di selangkangan sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Dengan tidur telanjang Anda mtelah tembiarkan area intim Anda bernapas lega dan tetap kering untuk mencegah keringat berlebih, terutama di musim panas dan kemarau.

  1. Meningkatkan kualitas sperma

Menurut sebuah studi, pria yang tidur mengenakan celana dalam atau boxer beresiko mengalami kerusakan DNA sperma yang akan membahayakan peluang untuk memiliki keturunan.

Peningkatan suhu tubuh juga sekaligus meningkatkan suhu di testis yang menyebabkan penurunan kualitas sperma. Sedangkan jika Anda tidur telanjang di malam hari diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma hingga 25 persen.

Cobalah sesekali untuk mengangin-anginkan penis terutama saat tidur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari iritasi, infeksi jamur, dan gatal-gatal pada kulit penis.

  1. Seks yang lebih baik

Menurut sebuah survei, orang-orang yang tidur telanjang dilaporkan memiliki seks yang lebih baik. Survei tersebut menemukan bahwa tidur telanjang terkait dengan peningkatan kepuasan seksual antar pasangan hingga 57 persen dibandingkan dengan mereka yang tidur mengenakan pakaian lengkap.

Manfaat tidur yang satu ini mungkin datang dari reaksi pelepasan hormon oksitosin saat kontak antar kulit  selama tidur dan orgasme saat seks. Hormon oksitosin akan melawan stres dan depresi dan memerangi efek berbahaya dari hormon kortisol dan mengurangi tekanan darah. Akibatnya Anda akan merasa lebih bahagia dan lebih bergairah untuk berhubungan seks bersama pasangan. (fmz/pm)

Comments
Loading...