Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Manfaatnya Rutin Mengkonsumsi Makan Kacang Hitam

Kacang hitam memiliki kadar flavonoid tinggi, yang memiliki kemampuan antioksidan, terutama antosianin, dan mengandung beberapa asam lemak omega 3

 

FENOMAGZ – Kacang hitam dikemas dengan nutrisi yang memengaruhi tubuh kita dengan cara yang tidak terhitung jumlahnya. Kacang hitam sangat tinggi serat dan protein, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin A, kalsium, zat besi dan mangan.

Kacang hitam memiliki kadar flavonoid tinggi, yang memiliki kemampuan antioksidan, terutama antosianin, dan mengandung beberapa asam lemak omega 3. Selain itu, kacang hitam adalah sumber asam folat dalam makanan.

Dengan semua nutrisi tersebut, kacang hitam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda. Mengkonsumsinya rutin sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang akan melindungi anda dari sejumlah masalah kesehatan seperti berikut ini :

Kesehatan kardiovaskular

Salah satu manfaat terbaik menambahkan kacang hiitam ke diet harian adalah tingkat serat tinggi yang dikandungnya. Kacang hitam memiliki konsentrasi serat larut yang tinggi, di mana telah terbukti membantu menurunkan kolestrol darah.

Asam lemak omega 3 dalam kacang hitam ini memiliki efek anti hipertensi. Artinya, mengkonsumsi kacang hitam rutin dapat memperbaiki aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi ketegangan atau tekanan oksidatif pada system kordiovaskular secara keseluruhan.

Pencegahan kanker

Kacang hitam telah terbukti mengurangi risiko jenis kanker tertntu, karena flavonoid ditemukan di lapisan biji mereka. Ada 8 flavonoid berbeda yang ditemukan di lapisan biji, dan 3 di antaranya adalah anthocyanin. Flavonoid pada dasarnya adalah pewarna pigmen yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan penyakit dan radikal bebas.

Baca juga:   Jangan Menggap Sepelekan Flu Jika Disertai Gejala ini

Masalah penncernaan

Kacang hitam dicerna lebih lambat daripada dagingg, yang memiliki kandungan protein serupa. Sehingga, mengkonsumsi kacang hitam bisa membuat anda kenyang lebih lama. Dengan cara ini, kacang hitam bisa membersihkan system pencernaa dan membantu mencegah makan berlebihan.

Gula darah

Pencernaan kurang sehat dapat menyebabkan kadar gula darah tidak seimbang di dalam tubuh. Namun, kacang hitam dapat mengatasi masalah ini. Seperti disebutkan di atas, serat dan protein dalam kacang hitam membuat pencernaan terus mengalir pada tingkat yang stabil, sehingga penyerapan nutrisi terkonsentrasi tidak terjadi. (fmz/pz)

 

Comments
Loading...