Fenomagz
Unleash the Wild Side

Manfaatnya Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

ada baiknya jika Anda menyempatkan waktu untuk tidur siang karena tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

0

 

FENOMAGZ – Bagi para pekerja kantoran, tidur siang bukanlah hal yang bisa Anda wujudkan sehari-hari. Namun apabila weekend tiba, ada baiknya jika Anda menyempatkan waktu untuk tidur siang karena tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan jiwa maupun kesehatan jasmani.

Tidur siang diketahui dapat membuat perasaan seseorang jadi lebih bahagia, menjaga konsentrasi, lebih kreatif, dan mampu mengurangi kadar stress. Namun ada beberapa syarat yang tidak boleh Anda langgar jika ingin tidur siang bermanfaat. Apa saja syarat tersebut?

  1. Tidak lebih dari 30 menit

Tidur siang bisa membuat perasaan Anda lebih bahagia. Tak hanya itu, tidur siang juga akan membantu memperbaiki mood Anda. Syaratnya, Anda tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit.

Seorang psikolog mengatakan bahwa dari survei eksperimen yang ia lakukan pada 1.000 orang, sebanyak 66 persen responden yang tidur siang tak lebih dari setengah jam melaporkan bahwa perasaannya lebih bahagia. Jika Anda tidur lebih dari setengah jam, maka efek yang ada justru sebaliknya di mana tingkat kebahagiaan justru akan berkurang.

  1. Dilakukan 6 jam setelah bangun tidur

Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk tidur siang? Sejumlah pakar menyarankan bahwa tidur siang baik dilakukan sekitar 6 jam terhitung sejak bangun tidur di pagi hari. Pada saat itu, siklus sirkardian yang mengatur rasa kantuk dan berbagai siklus biologis lainnya akan kembali titik terendah. Pada saat itu terjadi, suhu inti tubuh akan menurun, metabolisme melambat, dan kemampuan otak untuk bekerja akan mulai berkurang.

Baca juga:   Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pria Saat Pakai Pelumas
  1. Jauhkan gadget

Paparan suara dan cahaya biru dari gadget bisa membuat tidur siang Anda jadi tidak berkualitas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjauhkan gadget Anda ketika memutuskan untuk tidur siang demi manfaat tidur yang lebih maksimal.

  1. Jangan kebablasan

Kurang tidur juga bisa mempengaruhi molekul kekebalan tubuh yang disebut interleukin-6. Molekul ini akan menurun ketika Anda kurang tidur, namun kadarnya stabil ketika mereka diizinkan untuk tidur siang.

Intinya, tidur siang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan tidak berlebihan. (fmz/pm)

Comments
Loading...