Fenomagz
Unleash the Wild Side

Masalah Kesehatan yang Sering Menyertai Pria

0

Ternyata Kesehatan Pria yang Paling Harus Diwaspadai, Mengingat Banyak Pria yang Sakit Karena Merokok

FENOMAGZ – Ternyata ancaman buat kesehatan pria tidak banyak dan bisa dicegah. Angka-angka statistik dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat dan sejumlah organisasi kesehatan terkemuka membuktikannya. Menghindari semua ancaman bakal membuat pria jadi sehat dan berusia lebih panjang.

1. Penyakit jantung
Penyakit jantung adalah ancaman kesehatan pria nomor satu, meski sesungguhnya penyakit ini sangat bisa dicegah dengan pilihan gaya hidup lebih sehat, dengan:

* Tidak merokok. Kalau masih merokok dan susah untuk berhenti sendiri, berobatlah ke dokter ahli paru-paru. Mereka punya pengobatan untuk yang susah berhenti merokok.
* Pola makan sehat. Pilihlah sayuran, buah, gandum utuh, makanan berserat tinggi, sumber protein tanpa lemak, serta ikan. Batasi makanan kaya lemak jenuh dan garam
* Jaga kondisi kesehatan. Bila memiliki tekanan darah tinggi atau kolestrol tinggi, ikuti saran dari dokter. Jika menderita diabetes, jaga kadar gula darah tetap terkontrol.
* Olah raga teratur.
* Jaga berat badan sehat.
* Kelola stres.

2. Kanker
Kanker paru-paru, kulit, prostat dan kolorektal adalah jenis kanker yang sering dijumpai pada pria. Berikut ini cara menghindari kanker untuk pria:

* Jangan merokok. Hindari juga asap rokok dari perokok lain
* Jaga berat badan sehat. Menurunkan berat badan menurunkan risiko terkena kanker.
* Olah raga bukan hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memperkecil risiko beberapa jenis kanker.
* Banyak makan sayur dan buah untuk menurunkan risiko kanker.
* Lindungi kulit dari sinar matahari dengan tabir surya.
* Deteksi dini dengan cek kesehatan lengkap secara berkala. Terlebih pada mereka yang berisiko tinggi dan memiliki riwayat kanker di dalam keluarganya.

3. Kecelakaan
Kecelakaan lalu lintas sering menjadi sebab kematian pria. Agar aman saat berkendara, gunakan akal sehat. Pakai sabuk pengaman atau helm ketika naik sepeda motor. Ikuti batas kecepatan. Jangan menyetir ketika sedang mengantuk.

4. Penyakit pernapasan bawah kronis
Penyakit paru-paru kronis seperti bronkitis dan emfisema sering diderita pria. Berikut ini cara melindungi kesehatan organ pernapasan:
* Jangan merokok. Kalau tidak bisa berhenti, minta pertolongan dokter. Hindari juga asap dari perokok.
* Jauhi zat polutan. Batasi terkena paparan bahan kimia dan polusi udara.
* Cegah infeksi pernapasan. Caranya dengan sering cuci tangan dan mendapatkan vaksin flu saat wabah flu. Tanyakan juga kepada dokter apakah Anda butuh vaksin pneumonia juga.

5. Stroke
Ada faktor risiko stroke yang tak bisa diubah seperti riwayat keluarga, usia, dan ras. Namun, pria bisa mengendalikan hal-hal berikut ini:

* Kendalikan kondisi kesehatan. Jika memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, lakukan tindakan untuk menurunkannya. Ikuti saran dokter. Jika menderita diabetes, kendalikan kadar gula darah.
* Jangan merokok.
* Ikuti pola makan sehat. Batasi makanan mengandung lemak jenuh dan kolesterol.
* Olah raga teratur. Bila kelebihan berat badan, lakukan usaha untuk menurunkannya.

6. Diabetes
Diabetes yang tidak terkontrol mempermudah tubuh terkena penyakit jantung, masalah pada penglihatan, kerusakan saraf, dan sejumlah komplikasi lain. Untuk menghindarinya, seriuslah mengendalikan gaya hidup. Pilih makanan sehat rendah lemak kaya serat. Lakukan olah raga ringan teratur. Turunkan berat badan.

7. Bunuh diri
Satu faktor risiko penting bagi pria untuk bunuh diri adalah depresi. Untuk menghindarinya, saat mengalami depresi, konsultasilah dengan dokter ahli jiwa. Tanda-tanda depresi adalah perasaan kesedihan atau tak bahagia terus-menerus dan kehilangan minat pada kegiatan normal sehari-hari.(FMZ/PZ)

Baca juga:   Tempat Paling Romantis Untuk Hari Valentine
Comments
Loading...