Mengapa Rasa Sakit di Malam Hari Terasa Lebih Parah?

Berikut ini penyebab rasa sakit di malam hari lebih parah

FENOMAGZ – Saat Anda sedang sakit seperti flu, batuk, nyeri punggung, sakit gigi, atau nyeri karena cidera, sering kali rasa sakit terasa lebih parah di malam hari. Keluhan sakit di malam hari bahkan bisa membangunkan Anda dari tidur dan membuat Anda hampir tidak bisa tidur kembali. Mengapa rasa sakit di malam hari sepertinya lebih parah dibanding siang hari?

Baca juga:  4 Fakta Unik Tentang Puting Payudara

Berikut ini penyebab rasa sakit di malam hari lebih parah:

Gravitasi                                                                       

Adanya gravitasi merupakan penyebab utama mengapa batuk menjadi lebih parah dimalam hari. Saat Anda berbaring, secara otomatis saluran cerna bagian atas (termasuk kerongkongan, tenggorokan, dan mulut) bergerak menolak karena ada lendir (dahak) yang menumpuk.

Udara ruangan terlalu kering

Menggunakan AC di ruangan tertutup akan menyebabkan udara dalam ruangan menjadi kering. Udara yang kering dapat memicu iritasi pada hidung dan tenggorokan, hal ini yang juga membuat batuk yang muncul lebih parah serta menyakitkan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan alat pelembab ruangan atau air humidifier untuk melegakan pernapasan Anda. Pastikan alat pelembab ruangan dipasang dengan benar.

Sistem kekebalan tubuh sedang aktif bekerja

Sistem kekebalan tubuh (imun) manusia cenderung lebih aktif di malam hari, yaitu saat tubuh Anda beristirahat. Sistem imun ini yang akan menyerang infeksi atau penyakit di dalam tubuh Anda. Namun, respon sistem imun yang meningkat ini membuat rasa sakit pada tubuh Anda semakin memburuk.

Posisi tidur

Rasa sakit di punggung, leher, atau pinggang bisa muncul karena posisi tidur Anda. Misalnya Anda tidak banyak bergerak saat tidur, sehingga persendian Anda membengkak. Akhirnya ini menyebabkan kekakuan dan rasa nyeri.

Melakukan peregangan ringan atau minum obat pereda nyeri seharusnya bisa membantu mengatasi kondisi ini. namun, bila sakitnya tidak hilang juga, segera hubungi dokter. (fmz/bb)

Comments
Loading...