Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Mengendalikan Hormon Agar Puasamu Lancar

Hormone yang tidak terkendali bisa membuat emosi anda naik turun. Padahal di bulan Ramadan ini, emosi anda harus terjaga dengan stabil

0

 

FENOMAGZ – Tubuh manusia memiliki funsi yang berbeda-beda, termasuk fungsi fisiologis, mental, dan emosional. Untuk membuat kita tetap sehat, ketiga fungsi itu harus  bekerja dengan baik. Ketiganya dikendalikan oleh hormone. Jika hormone tidak terkendali, maka fungsi tubuh bisa jadi rusak.

Hormone yang tidak terkendali bisa membuat emosi anda naik turun. Padahal di bulan Ramadan ini, emosi anda harus terjaga dengan stabil agar bisa menjalankan puasa dengan lancer. Agar emosi anda stabil, anda harus bisa mengendalikan hormone di dalam tubuh.

Berikut ada beberapa cara di bawah ini, yuk mari kita simak bersama.

Mengkonsumsi lemak sehat

Selama bulan puasa, anda memang disarankan untuk menghindari lemak trans. Nah, untuk megendali kan hormone, anda disarankan untuk mengkonsumsi lemak seperti minyak kelapa dan alpukat secara teratur. Asam lemak omega 3 dapat membantu anda menjaga keseimbangan hormone.

Mengkonsumsi daun tulsi

Mungkin di antara anda ada yang merasa daun tulsi. Daun tulsi ini mirip dengan kemangi yang biasanya disebut dengan daun basil suci. Mengkonsumsi daun tulsi secara teratur bukan hanya bisa menyeimbang kan hormone. Daun tulsi mengandung suplemen yang dikenal sebagai adpatogen yang merangsang kelenjar endokrin.

Menjaga system pencernaan

Bukan hanya membuat puasa anda berjalan lebih lancer, menjaga system pencernaan juga bisa mengendalikan hormone dalam tubuh.

Berolahraga

Selama bulan puasa, anda tetap bisa berolahraga secara teratur. Selain membuat tubuh menjadi sehat. Olahraga secara teratur juga membantu anda menyeimbang kan hormone dalam tubuh.

Baca juga:   Tidur Secukupnya Dapat Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Berat

Hindari stress

Berpuasa sambil bekerja bisa saja meningkatkan tingkat stress anda. Terlebih jika anda sedang menghadapi deadline. Untuk menghindari stress, anda bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan lalu melakukan kegiatan yang anda sukai. Mengobrol sebentar dengan rekan kerja juga bisa dijadikan pilihan untuk mengurangi stress. Karena apabila anda stress, hormone yang ada pada tubuh menjadi tidak seimbang. (fmz/pz)

Comments
Loading...