Tips Cara Ngatasi Badan yang Gemuk Usai Berhenti Merokok

Anda mungkin pernah melihat orang yang berhenti merokok dan kini jadi gemuk

 

FENOMAGZ – Lantaran anda takut gemuk, anda pun tidak mau berhenti merokok. Padahal, manfaat berhenti dari kebiasaan merokok adalah sangat banyak. Anda mungkin pernah melihat orang yang berhenti merokok dan kini jadi gemuk. Atau mungkin pernah mengalami sendiri tubuh jadi gemuk settelah berhenti merokok?

Berhentii merokok tidak akan membuat berat badan anda naik. Ada beberapa factor  lain yang menyebabkan anda jadi gemuk setelah sekian lama tidak lagi merokok. Pada banyak orang, berhenti merokok bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Kenaikan berat badan setelah berhenti merokok biasanya terjadi akibat beberapa factor kondisi ini :

  • Anda menggantikan kebiasaan merokok dengan kebiasaan nyemil
  • Nikotin mempercepat metabolisme tubuh anda, sehingga saat anda berhenti merokok, metabolisme akan kembali kecepatan normal yang lebih sehat, dan pada beberapa orang mungkin menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Pada beberapa orang nikotin bisa bertindak sebagai penekan nafsu makan, sehingga di awal anda berhenti merokok, nafsu makan anda kembali normal.

Namun tenang saja, jika anda sudah bisa mengantisipasi hal-hal di atas, anda tetap bisa berhenti merokok tanpa jadi gemuk setelahnya.

Stok makanan di kulkas

Isi kulkas anda dengan makanan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Jangan menyimpan terlalu banyak cemilan tidak sehat seperti keripik, biscuit, permen, makanan manis, minuman ringan, dan gorengan. Usahakan setiap anda lapar, makan saja dengan porsi sedang, ketimbang ngemil makanan tidak sehat.

Perbanyak olahraga

Selain menjaga berat badan tetap ideal, olahraga juga bisa jadi pengalih perhatian dari rasa ingin merokok.

Pilih cemilan yang sehat

Kalau anda harus ngemil, silakan makan buah dan hindari kue, permen dan makanan manis lain. Hindari juga jus buah karena biasanya mengandung gula tinggi. Buah segar lebih baik daripada jus buah.

Hindari diet ketat

Diet ketat dan rasa lapar hanya akan membuat anda makin ingin merokok, dan malah akan makan berlebihan saat waktunya makan. Jangan sampai pula anda sengaja tidak makan, terutama sarapan.

Mending menyimpan uang dari pada harus jajan untuk membeli rokok

Berapa uang yang anda habiskan per hari atau per minggi untuk membeli rokok? Coba kumpulkan uang tersebut dan gunakan untuk membeli buah favorit ayau makanan sehat yang lezat. Jika anda sudah terlanjur jadi gemuk setelah berheti merokok, jangan khawatir. Beberapa orang akan mengalami kenaikan berat badan dalam waktu enam bulan setelah berhenti merokok, namun saat tubuh sudah terbiasa tanpa rokok, berat badan akan kembali normal. (FMZ/PZ)

Comments
Loading...