Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Olahraga Lompat Tali Tingkatkan Kepadatan Tulang

Padahal, lompat tali memberikan segudang manfaat untuk tulang, keseimbangan, dan otot yang tidak didapatkan dari olahraga lainnya

0

 

FENOMAGZ – Kapan terakhir kali anda berolahraga lompat tali? Hampir semua orang pernah melakukan olahraga lompat tali saat masih sekolah. Tapi sangat jarang melakukannya ketika mereka tubuh dewasa.

Padahal, lompat tali memberikan segudang manfaat untuk tulang, keseimbangan, dan otot yang tidak didapatkan dari olahraga lainnya. Lompat tali juga bisa melatih jantung untuk memompa darah dengan lebih baik. Bahkan, lompat tali adalah cara yang baik untuk mengaktifkan dan membentuk tubuh bagian atas.

Hal itu bisa terlihat saat gerakan memutar yang berasal dari pergelangan tangan. Gerakan memutar membutuhkan sinkronisasi dari lengan dan bahu untuk mengendalikan serta menstabilkan gerakan tali. Dibandingkan dengan berlari atau olahraga kardio lain, lompat tali adalah bentuk latihan tubuh secara total.

Manfaat itu meluas hingga ke tulang. Lompat tali menempatkan beban pada tulang sehingga meningkatkan kerapatan.  Perempuan yang melompat 10 kali, 3 kali seminggu selama 6 bulan mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang di kaki.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari lompat tali, anda bisa melakukannya sambil bertelanjang kaki. Tapi berbeda dengan berlari, lompat tali dengan telanjang kaki tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa meningkatkan risiko cedera lutut dan pinggul.

Walaupun terlihat mudah, lompat tali bisa menjadi latihan yang sulit tergantung intensitas waktu latihannya terlebih pada anda yang memiliki kelebihan berat badan. Apabila anda sudah terbiasa melakukan gerakan lompat tali, cobalah untuk menambah waktu latihan. Sebagai contoh, bila anda biasanya melakukan gerakan selama 30 menit, di tunggu berikutnya anda bisa menambah waktu 5 menit. (fmz/pz)

Baca juga:   Trik Bercinta Dikamar Mandi Bikin Anda Mudah Ereksi!
Comments
Loading...