Ini Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Penderita Gagal Ginjal

Penting bagi seorang pasien penderita gagal ginjal untuk menjaga asupan makannya agar fungsi dan pengobatan yang sedang dijalani tidak terganggu

 

FENOMAGZ – Cara diet atau pola makan bisa menentukan kondisi pasien penderita penyakit kronis, tak terkecuali pada pasien penderita gagal ginjal. Salah menu makanan sedikit saja bisa membuat keadaan pasien memburuk.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pasien penderita gagal ginjal untuk menjaga asupan makannya agar fungsi dan pengobatan yang sedang dijalani tidak terganggu atau sia-sia dan bisa mencegah terjadinya komplikasi.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dipantang oleh pasien penderita gagal ginjal.

  1. Produk susu

Ini Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Penderita Gagal Ginjal

Asupan pertama yang harus dipantang oleh pasien penderita gagal ginjal adalah produk olahan susu, baik itu susu untuk diminum, keju, yogurt, krim ataupun mentega yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Kandungan fosfor yang tinggi dalam darah bisa membuat pasien gagal ginjal mengalami kekurangan kalsium hingga gatal-gatal.
Kekurangan kalsium bisa membuat tubuh mengambil cadangan yang ada di tulang. Jika terjadi dalam jangka panjang, tulang akan berisiko keropos dan mudah patah.

  1. Makanan berkuah

Ini Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Penderita Gagal Ginjal

Pengidap gagal ginjal kronis harus membatasi asupan cairannya. Jika terlalu banyak cairan, risiko pembengkakan di kaki dan sesak napas akan meningkat drastis.

Oleh karena itu, pasien pengidap gagal ginjal juga harus membatasi asupan makanan yang berkuah atau mengandung kuah. Makanan seperti soto, sup, es krim maupun agar-agar sebaiknya dihindari agar kandungan cairan dalam tubuh tak berlebih.

  1. Umbi-umbian

Ini Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Penderita Gagal Ginjal

Berbagai macam umbi-umbian seperti kentang, singkong dan ubi harus dipantang oleh pasien pengidap gagal ginjal karena berbagai umbi-umbian tersebut mengandung potasium dan kalium yang tinggi. Pada pasien gagal ginjal, fungsi ginjal yang rusak membuat kandungan potasium dan kalium dalam darah semakin tinggi.

Kandungan potasium dan kalium yang tinggi bisa mengganggu kerja jantung dan berisiko membuat pasien gagal ginjal mengalami komplikasi kardiovaskuler. Selain umbi-umbian, buah dan sayuran yang mengandung potasium tinggi adalah pisang, tomat, alpukat, labu dan asparagus.

  1. Garam dan sodium

Ini Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Penderita Gagal Ginjal

Garam dan sodium bisa membuat tekanan darah meningkat. Hal tersebut merupakan komplikasi yang fatal bagi pasien dengan gagal ginjal. Oleh karena itu, segeralah buang seluruh persediaan garam di rumah sekarang juga.

Jika ingin menambah rasa pada makanan, ada baiknya menggunakan rempah-rempah lain dalam jumlah yang sedang. (fmz/pm)

Comments
Loading...