Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Alasan Kenapa Pria Perlu Tahu Kapan Menstruasi Pasangannya (2)

0

Sebagai seorang suami, penting bagi Anda untuk membicarakan soal menstruasi bersama pasangan, karena banyak manfaat yang bisa diperoleh

Ini Alasan Kenapa Pria Perlu Tahu Kapan Menstruasi Pasangannya (2)

FENOMAGZ – Fenomen, perlu Anda ketahui bahwa hingga kini kebanyakan wanita merasa risih untuk membicarakan persoalan menstruasi pada pasangan karena alasan tabu. Tak hanya dengan teman pria atau pasangannya saja, bahkan dengan sesama wanita pun juga, entah itu dengan ibunya sendiri, saudara, atau sahabat.

Padahal sejatinya, menstruasi adalah reaksi tubuh alami layaknya berkeringat atau buang air kecil. Jika ada sesuatu masalah dengan tubuh Anda, tentunya Anda tidak akan segan untuk membicarakannya, bukan?

Mungkin Fenomen bingung mengapa penting untuk membicarakan tentang menstruasi pasangan. Namun hal tersebut tentu saja bukanlah tanpa manfaat. Lalu sebenarnya, apa sih manfaat membicarakan soal menstruasi dengan pasangan? Berikut ulasannya.

  1. Anda tahu kapan harus berhubungan seks kalau ingin hamil

Jika Anda dan pasangan sedang mengusahakan kehamilan, maka Anda pasti paham bahwa sulit untuk mencocokkan jadwal yang pas untuk berhubungan seks. Hamil adalah masalah waktu. Dengan mengetahui kapan pasangan Anda biasanya menstruasi, ini bisa memberikan Anda petunjuk seputar masa suburnya.

Secara umum, masa subur wanita sekitar 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi dimulai. Sebagian besar wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari dan masa subur wanita adalah antara hari 10 sampai 17. Lima hari sebelum ovulasi merupakan masa paling subur wanita.

Melalui hitung-hitungan tersebut, Anda dan pasangan bisa merencanakan kapan waktu yang paling tepat untuk berhubungan seks. Secara teori, Anda dapat meningkatkan peluang untuk sukses hamil jika Anda berhubungan seks satu kali setiap 1-2 hari dalam sebulan. Bila Anda dapat memperkirakan hari ovulasi pasangan Anda, sebaiknya Anda berhubungan seks satu kali sehari, di 3-4 hari sebelum dan di hari-H ovulasinya.

Baca juga:   Khasiat Mengkonsumsi Daun Mangga Untuk Kesehatan

Namun ingat ya Fenomen, setiap wanita memiliki periode menstruasi dan masa subur yang berbeda-beda oleh karena itu, Anda dan pasangan harus berdiskusi terlebih dulu untuk mencari tahu kapan waktu paling subur pasangan.

  1. Meningkatkan keintiman dan rasa saling percaya

Sampai sejauh mana Anda rela berkorban demi kenyamanan pasangan yang sedang PMS? Maukah Anda pergi ke apotik untuk membeli obat nyeri haid atau pembalut baru untuk pasangan? Jika Anda mau, pasangan Anda akan menilai Anda sebagai pasangan yang suportif, baik di saat suka maupun duka.

Selain itu, pasangan Anda akan melihat bahwa Anda adalah orang yang tepat dan dapat diandalkan untuk dimintai pertolongan.

Apabila pasangan Anda merasa tidak nyaman berbagi pengalaman menstruasinya dengan Anda, ajaklah dia untuk terbuka dan saling menceritakan pengalaman puber masing-masing agar lebih mengenal satu sama lain lebih dalam. Berbagi pengalaman puber yang pernah Anda dan pasangan alami bisa memberi wawasan mendalam tentang kekhawatiran, masa kanak-kanak, dan momen berharga dalam hidup masing-masing.

Mungkin bukanlah hal yang mudah untuk memulai percakapan tersebut, namun jika Anda dan pasangan berani untuk mengangkat menstruasi sebagai topik obrolan sehari-hari, hal tersebut mungkin akan mempermudah jalannya hubungan Anda dan pasangan. (fmz/pm)

Comments
Loading...