Fenomagz
Unleash the Wild Side

Pentingnya Tidur Siang Saat Menjalankan Puasa

Tidur siang bisa menjadi cara tepat untuk memulihkan kembali tubuh yang lemas akibat kantuk. Tidur siang ternyata menyimpan banyak manfaat

0

 

FENOMAGZ – Tidur orang berpuasa berpahala. Begitu yang diucapkan ahli agama dengan tidur, berarti anda mengalihkan kegiatan yang mungkin tidak bermanfaat atau bahkan menimbulkan dosa. Makanya, lebih baik tidur daripada berbuat dosa di bulan puasa.

Di siang hari, biasanya tubuh mulai memberikan respon kantuk yang berlebihan. Aliran oksigen yang mengaliri tubuh, lebih focus pada mempertahankan nutrisi tubuh yang dengan sengaja tidak diberikan asupan selama kurang lebih 13 jam. Oksigen tidak cukup banyak ke otak. Kantuk pun datang.

Tidur siang bisa menjadi cara tepat untuk memulihkan kembali tubuh yang lemas akibat kantuk. Tidur siang ternyata menyimpan banyak manfaat. Tidak terkecuali bila anda melakukannya saat berpuasa.

Tidur siang diyakini mampu mengembalikan energy dan konsentrasi. Kemudian, menurut beberapa hasil penelitian yang dilakukan, tidur siang ternyata juga bisa meningkatkan kinerja tubuh, kewaspadaan, konsentrasi, dan kejelian.

Di sisi lain, diketahui bahwa bila anda tidur siang selama 15 sampai 20 menit, itu akan sangat baik untuk konsentrasi anda. Tidak hanya itu, tubuh anda pun lebih segar.

Tidur siang berarti anda membiarkan otak beristirahat. Rutinitas pagi sampai siang yang cukup membuat stress kepala, akhirnya bisa sedikit direda dengan tidur siang. Ketika otak beristirahat, itu sama saja dengan peremajaan otot.

Tidur siang jangan sampai lebih dari 30 menit. Hal tersebut malah akan membuat otak kontra produktif. Akibat dari itu lebih sering didengar adalah lambannya berpikir dan menurunnya kualitas konsentrasi.

Baca juga:   Efek Buruk Sering Mengunyah Es Batu

Tidur siang sebenarnya adalah respon tubuh untuk memberikan sinyal letih dan cara menanganinya adalah dengan mengistirahatkan tubuh. Jadi, saat berpuasa, tidur siang cukup bermanfaat untuk mengembalikan energy yang hilang dalam setengah perjalanan puasa anda. (fmz/pz)

Comments
Loading...