Hati-Hati, Ini Penyakit Yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman Bibir (2)

Judi

judi

Berciuman bibir ternyata memiliki beberapa resiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh

Hati-Hati, Ini Penyakit Yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman Bibir (2)

FENOMAGZ – Pasangan mana sih yang tidak suka berciuman? Selain dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, berciuman juga ternyata memiliki beberapa resiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh lho. Apalagi jika Anda dan pasangan melakukan ciuman bibir.

Pasalnya, seperti yang Anda ketahui bahwa mulut adalah tempat paling kotor di dalam tubuh karena air liur mengandung banyak mikroorganisme. Bisa-bisa karena berciuman, Anda akan tertular penyakit yang diderita pasangan.

Lalu, penyakit apa aja sih yang bisa ditularkan lewat ciuman bibir? Ini dia uraiannya.

  1. Herpes

Penyakit lain yang bisa ditularkan melalui aktivitas ciuman adalah herpes. Herpes mulut bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan daerah yang terinfeksi, kulit rusak, atau selaput lendir.

Penyakit ini menimbulkan gelembung berisi air pada kulit yang Nampak seperti kulit melepuh. Para ahli memperkirakan bahwa lebih dari 20 persen kasus herpes genital disebabkan oleh herpes simpleks tipe 1 yang ditularkan melalui seks oral.

  1. Meningitis

Tahukah Fenomen bahwa banyak lho jenis virus yang bisa menyebabkan meningitis. Meningitis adalah pembengkakan atau peradangan dari membran pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Biasanya peradangan tersebut disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Salah satu yang dapat memicu penyakit ini antara lain adalah ciuman. Gejala penyakit ini meliputi demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah.

  1. Hepatitis B

Fenomen, ternyata berciuman bibir juga bisa lho menularkan virus hepatitis B. Infeksi akan terjadi ketika darah dan air liur yang terinfeksi virus hepatitis mengalami kontak langsung dengan aliran darah atau selaput lendir orang lain.

Seseorang akan dengan mudah terinfeksi hepatitis B jika salah satu pasangan memiliki luka di sekitar mulutnya.

  1. Flu Singapura

Flu Singapura atau dalam bahasa medisnya hand foot and mouth disease adalah penyakit yang sangat menular. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus coxsackie yang bisa menyebar melalui luka terbuka di mulut, air liur, dan tinja.

Gejala penyakit ini adalah demam disertai sakit leher, flu, adanya ruam pada bagian mulut, tangan, dan kaki. (fmz/pm)

Comments
Loading...