Hati-Hati, Ini Penyakit Yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman Bibir (1)

Judi

judi

Berciuman bibir ternyata memiliki beberapa resiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh

Hati-Hati, Ini Penyakit Yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman Bibir (1)

FENOMAGZ – Pasangan mana sih yang tidak suka berciuman? Selain dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, berciuman juga ternyata memiliki beberapa resiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh lho. Apalagi jika Anda dan pasangan melakukan ciuman bibir.

Pasalnya, seperti yang Anda ketahui bahwa mulut adalah tempat paling kotor di dalam tubuh karena air liur mengandung banyak mikroorganisme. Bisa-bisa karena berciuman, Anda akan tertular penyakit yang diderita pasangan.

Lalu, penyakit apa aja sih yang bisa ditularkan lewat ciuman bibir? Ini dia uraiannya.

  1. Influenza

Influenza dapat menular secara cepat dari satu orang ke orang lainnya. Biasanya penyakit ini sering ditularkan melalui percikan air liur orang yang terinfeksi ketika batuk, bersin, ataupun berbicara.

Umumnya, orang akan terinfeksi virus flu satu hari sebelum memiliki gejala sampai tujuh hari setelah sakit dimana gejalanya meliputi demam, batuk, sakit, tenggorokan, kelelahan, dan nyeri tubuh.

  1. Gondongan

Gondongan adalah infeksi virus yang mempengaruhi kelenjar ludah yang mengalami pembengkakan. Gondongan bisa menyebar dari orang yang terinfeksi melalui udara ketika sedang flu, bersin, ataupun batuk.

Beberapa gejala gondongan yang terlihat adalah mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Mononukleosis

Penyakit mononucleosis disebut juga sebagai penyakit mono atau penyakit ciuman. Mononucleosis adalah infeksi virus yang menyebar melalui air liur, misalnya saat bierciuman, bersin, batuk, ataupun hal lain yang ditularkan dari liur si penderita mono.

Gejala penyakit ini hampir sama ketika flu, yaitu demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, kelelahan, dan yang terparah adalah terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Penyakit gusi

Perlu Fenomen ketahui bahwa bakteri, lendir, dan partikel lain yang hidup secara terus menerus di dalam mulut dapat membentuk plak gigi. Menyikat gigi dan flossing (penggunaan benang gigi) sangat membantu menghilangkan plak pada gigi. Namun Anda perlu membersihkannya secara menyeluruh, karena kalau tidak plak juga akan tumbuh di bawah garis gusi sehingga menyebabkan penyakit gusi.

Meskipun penyakit gusi (dikenal juga sebagai gingivitis dan periodontitis) tidak menyebar lewat berciuman, kandungan bakteri buruk yang terkandung di mulu Anda atau pasangan bisa saja menyebabkan penyakit gusi. (fmz/pm)

Comments
Loading...