8 Penyakit Yang Bisa Muncul Setelah Berhubungan Seks (1)

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata seks juga bisa memicu berbagai penyakit tertentu pada beberapa orang

 

FENOMAGZ – Semua orang tentunya tahu bukan bahwa seks memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti bisa menyembuhkan penyakit pilek, menghilangkan stres, dan berbagai manfaat lainnya.

Namun selain bermanfaat bagi tubuh, seks rupanya juga bisa memicu berbagai penyakit tertentu pada beberapa orang. Apa saja berbagai penyakit yang bisa timbul karena melakukan hubungan seks? Berikut uraiannya.

  1. Hilangnya memori sementara

8 Penyakit Yang Bisa Muncul Setelah Berhubungan Seks

Fenomen, tahukan Anda bahwa ternyata ada lho sebagian orang yang kehilangan ingatannya setelah berhubungan seks. Keadaan tersebut sebagai transient global amnesia, yaitu hilangnya memori sekitar 1 jam setelah berhubungan seksual.

Keadaan tersebut merupakan kejadian yang sangat jarang terjadi karena hanya mempengaruhi 3 sampai 5 orang dari 100.000 orang setiap tahunnya.

Para peneliti belum mengetahui secara pasti apakah hal yang dapat menyebabkan hilangnya memori sementara tersebut, karena hasil scan MRI menunjukkan bahwa tidak adanya kerusakan otak.

Akan tetapi, seks bukanlah satu-satunya pemicu hilangnya memori sesaat tersebut, karena kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat dan gangguan emosi. Untungnya, seseorang yang mengalami kondisi ini akan mendapatkan memorinya kembali tidak berapa lama kemudian dan hal tersebut tidak mungkin terjadi lagi.

  1. Sakit kepala

8 Penyakit Yang Bisa Muncul Setelah Berhubungan Seks

Menurut sebuah penelitian, sekitar 20 persen wanita dan 5 persen pria mengalami sakit kepala exertional atau sakit kepala pre-orgasmic selama seks. Sakit kepala tersebut disebabkan oleh peningkatan tekanan darah di otak yang biasanya terjadi ketika berolahraga.

Kondisi tersebut biasanya dimulai dengan adanya nyeri tumpul di kepala yang akan meningkat hingga Anda mencapai titik klimaks dan dapat bertahan beberapa menit sampai setengah jam.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami sakit kepala karena seks, ada baiknya Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit 30 menit sebelum melakukan hubungan seks.

  1. Depresi

8 Penyakit Yang Bisa Muncul Setelah Berhubungan Seks

Menurut sebuah penelitian, hampir sepertiga wanita menyatakan bahwa dirinya merasa tertekan setelah berhubungan seks, bahkan setelah sesi bercinta yang menyenangkan sekalipun. Para peneliti menyebut kondisi tersebut dengan post-coital dysphoria, dimana hal tersebut mempengaruhi sekitar 10 persen wanita.

Depresi pasca seks biasanya ditandai dengan munculnya perasaan sedih, gelisah, lekas marah, dan penyesalan. Para peneliti belum mengetahui secara pasti apa penyebabnya. Akan tetapi, depresi bisa disebabkan oleh terjadinya pergeseran hormonal setelah mencapai orgasme atau kurang harmonisnya hubungan dengan pasangan.

  1. Alergi sperma

8 Penyakit Yang Bisa Muncul Setelah Berhubungan Seks

Sekitar satu dari setiap 40.000 wanita mengalami alergi terhadap sperma pasangannya. Meskipun keadaan sensitivitas seksual ini jarang terjadi, para ahli menyatakan bahwa air mani atau sperma mampu mengubah keseimbangan pH dalam vagina pada beberapa wanita, sehingga bisa menimbulkan iritasi, debit cairan vagina tinggi, gatal-gatal, dan bengkak.

Hal ini juga bisa terjadi jika Anda memiliki alergi yang kuat terhadap makanan dan pasangan Anda baru saja mengonsumsinya sebelum melakukan hubungan seks. Untuk mengurangi gejala alergi sperma, ada baiknya Anda menggunakan kondom ketika bercinta.

Comments
Loading...