Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satu penyebab mengapa Anda masih merasa lemas padahal sehabis makan adalah pada makanan yang Anda konsumsi

Judi

judi

FENOMAGZ – Fenomen, pernahkah Anda merasa lemas padahal Anda baru saja beristirahat? Mungkin Anda sudah merasa tidur nyenyak di malam hari. Akan tetapi, Anda tetap merasa adanya penurunan energi menjelang sore hari. Sebenarnya apa penyebabnya?

Ternyata penyebabnya bisa jadi karena serangkaian makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ada beberapa makanan yang diketahui bisa membuat Anda merasa lemas padahal habis makan. Lalu, makanan apa saja? Berikut uraiannya.

  1. Roti putih

Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satu makanan yang bisa membuat Anda merasa lemas padahal habis memakannya adalah roti putih. Roti putih terbuat dari karbohidrat sederhana. Hal tersebut baik karena akan memberi dorongan gula cepat, tetapi akan segera turun sesudahnya.

Mengonsumsi sandwich saat brunch, akan membuat Anda mengantuk tak lama kemudian. Selain roti putih, perhatikan juga konsumsi croissant dan makanan lainnya berbahan tepung.

Alternatif: Daripada mengonsumsi roti putih, pilihlah whole grain atau biji-bijian utuh yang terbuat dari karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh atau beras merah.

  1. Pisang

Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Saat dimakan begitu saja, pisang bisa membuat Anda mengantuk sesudahnya. Penyebabnya adalah karena kandungan magnesium yang dikenal sebagai mineral relaksasi. Ini adalah elemen alami yang lebih baik dikonsumsi sebelum roti.

Alternatif: Konsumsilah apel karena apel merupakan pilihan buah yang lebih baik sebagai camilan sehat berenergi. Selain itu, apel juga tinggi akan serat yang bisa membantu pencernaan lebih baik sehingga tubuh punya kemampuan menghasilkan energi lebih baik lagi.

  1. Kopi

Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Kafein dari kopi sejak lama jadi andalan banyak orang untuk mendapatkan dorongan instan. Namun, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsi kopi, karena kafein pada kopi akan bertahan dalam sistem tubuh selama 10-12 jam. Hal tersebut bisa mempengaruhi siklus tidur dan membuat Anda ingin minum kopi lagi ditengah sore keesokan harinya.

Siklus inipun akan terus berlanjut. Perlu Anda ketahui juga bahwa susu dan gula yang dimasukkan ke dalam kopi juga berkontribusi pada tingkatan energi yang tidak konsisten.

Alternatif: Akan lebih baik jika Anda memilih teh, karena teh adalah sumber kafein yang lebih baik. Mengonsumsi the akan menjaga Anda agar tetap fokus dan tidak memberikan lonjakan energi.

  1. Lettuce

Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Lettuce mengandung lactucarium, yang bersifat sebagai penenang dan mempengaruhi otak sama seperti opium. Agar tetap terjaga, Anda bisa mengimbanginya dengan bahan lain. Khususnya bila Anda tetap ingin memasukannya dalam salad atau green smoothie.

Alternatif: Bayam bisa jadi bahan untuk salad karena sayuran ini mengandung zat besi dan banyak nutrisi lain, seperti serat, vitamin K, dan lutein untuk menambah energi.

  1. Daging merah

Sudah Makan Tapi Tetap Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Ada alasan mengapa steak sering jadi pilihan makan malam. Kandungan zat besi dalam daging merah bagus untuk energi. Akan tetapi, kandungan lemak yang tinggi pada daging merah ampu membuat sistem pencernaan bekerja dua kali lipat karena energi dihabiskan untuk mencerna daging. Hal ini membuat tubuh perlu mengisi ulang energi melalui tidur.

Alternatif: Salmon disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk otak karena kandungan omega-3. Ini juga membantu Anda tidak hanya secara fisik, tapi juga meningkatkan mood. (fmz/pm)

Comments
Loading...