Fenomagz
Unleash the Wild Side

Lidah Anda Sering Mengalami Salah Rasa? Mungkin Ini Penyebabnya

0

Metallic taste adalah sejenis gangguan pengecapan yang membuat lidah Anda jadi salah mengecap rasa

Lidah Anda Sering Mengalami Salah Rasa? Mungkin Ini Penyebabnya

FENOMAGZ – Fenomen pernah mengalami kondisi metallic taste? Apa itu kondisi metallic taste? Metallic taste adalah sejenis gangguan pengecapan yang membuat lidah Anda jadi salah mengecap rasa. Apa sih yang bisa jadi penyebab gangguan ini? Gangguan metallic taste bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari obat-obatan, kehamilan, hingga penyakit tertentu.

Dalam istilah medis, lidah yang mengalami salah rasa disebut sebagai parageusia atau dysgeusia. Dalam kondisi ini, indera pengecap di lidah akan mengalami distorsi, sehingga persepsi Anda terhadap suatu rasa akan berubah, misalnya suatu makanan akan terasa seperti metallic taste, tengik, atau tidak bisa mengecap rasa tertentu seperti manis. Namun umumnya gangguan ini tidaklah berbahaya dan akan membaik dengan sendirinya.

Lalu faktor apa saja yang jadi penyebab lidah Anda mengalami salah rasa? Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan lidah Anda mengalami salah rasa.

  1. Infeksi saluran napas

Indera pengecap seringkali dikaitkan dengan indra penciuman. Ketika indera penciuman sedang bermasalah, seperti saat sedang mengalami infeksi saluran napas, maka kemampuan lidah dalam mengecap rasa juga bisa berubah. Hal ini sering terjadi pada seseorang yang mengalami infeksi sinusitis, flu, dan semacamnya.

  1. Malas menggosok gigi

Menggosok gigi secara teratur sangatlah penting untuk mencegah timbulnya infeksi pada gusi maupun gigi. Berbagai infeksi yang terjadi di rongga mulut akan mengganggu fungsi lidah Anda sebagai indra pengecap, misalnya gingivitis dan periodontitis.

Baca juga:   Ingin Bercinta Setelah Dinner? Ini yang Tidak Boleh Dimakan
  1. Efek samping obat

Multivitamin yang mengandung logam berat seperti zinc dan zat besi juga bisa memicu metallic taste, salah satu gangguan salah rasa yang sering ditemui. Demikian juga dengan beberapa jenis antibiotik dan anti alergi yang seringkali memiliki efek samping dysgeusia.

  1. Kehamilan

Pada masa-masa awal kehamilan, gangguan indra pengecap di lidah seringkali terjadi. Tidak dapat diketahui secara pasti penyebabnya, akan tetapi diyakini berhubungan dengan perubahan hormon reproduksi.

  1. Penyakit tertentu

Meski jarang, gangguan rasa di lidah juga bisa lho berhubungn dengan penyakit tertentu, misalnya gangguan saraf pada demensia atau pikun. Tak hanya itu, pada diabetes yang tidak terdiagnosis, serta gangguan hati atau ginjal pun juga. Namun biasanya tidak muncul sendirian, melainkan disertai dengan gejala lain. (fmz/pm)

Comments
Loading...