advertisement

7 Penyebab Tak Terduga Munculnya Bau Mulut

judi

Penting bagi seseorang untuk merawat dan menjaga kebersihan mulutnya agar tidak bau mulut

 

FENOMAGZ – Fenomen memiliki masalah dengan bau mulut? Bau mulut bisa membuat seseoran tidak percaya diri. Untuk itu, penting bagi seseorang untuk merawat dan menjaga kebersihan mulutnya. Selain itu, Fenomen juga harus mengendali dan menghindari penyebab terjadinya bau mulut, termasuk penyebab yang tidak terduga.

Berikut adalah penyebab tak terduga bau mulut yang bisa dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Lapar

penyebab bau mulut

Kondisi lapar menunjukkan bahwa perut sudah mulai kosong. Kondisi perut yang kosong akan memicu kurangnya produksi air liur yang bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Inilah mengapa bau mulut terjadi pada seseorang yang belum makan apapun.

  1. Infeksi mulut

penyebab bau mulut

Infeksi mulut menunjukkan bahwa terdapat banyak bakteri di mulut yang kemudian akan terurai dan menimbulkan bau mulut. Jika Fenomen mengalami infeksi mulut seperti perikoronitis atau peradangan di jaringan lunak sekitar mahkota gigi, maka lebih rajinlah ke doker gigi untuk membersihkan karang gigi serta gigi dan mulut secara keseluruhan.

  1. Mengonsumsi obat tertentu

penyebab bau mulut

Menurut seorang dokter gigi, mengonsumsi obat hipertensi, antidepresan, dan antihistamin dapat menimbulkan efek samping xerostmia atau mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Sebab, saat mulut Anda dalam keadaan kering, berarti tidak ada air liura yang diproduksi.

Padahal air liur berfungsi membuat mulut tetap lembab, menetralkan asam, dan membersihkan sisa partikel makanan. Ketika Fenomen mengonsumsi obat-obatan seperti itu, sebaiknya banyaklah minum air. Jika diperlukan, kunyalah permen karet yang mengandung xylitol.

  1. Menyikat gigi dan flossing yang tidak tepat

penyebab bau mulut

Menyikat gigi dan flossing yang tidak tepat dapat membuat partikel makanan terjebak di sela gigi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan menyebabkan peradangan yang membuat bau mulut.

Saat menyikat gigi, posisikan sikat dengan kemiringan kepala sekitar 45 derajat. Kemudian, lakukan gerakan secara horizontal. Sementara untuk flossing, pastikan Anda meletakan benang flossing di bawah garis gusi dan pastikan benang flossing menjangkau seluruh bagian gigi.

  1. Gigi berlubang

penyebab bau mulut

Gigi yang berlubang terkadang bisa memicu nyeri dan sensitivitas dapat hilang begitu saja. Satu hal yang perlu diingat, gigi yang berlubang berarti ada bakteri yang menggerogoti struktur gigi, dan hal ini bisa memicu bau mulut.

Untuk itu, rutinlah cek kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi yang berlubang bisa diketahui dini dan diatasi.

  1. Tak menjaga kebersihan lidah

penyebab bau mulut

Tanpa Fenomen sadar, lidah bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Penting bagi seseorang untuk membersihkan lidah dengan alat khusus yang bisa dibeli di apotek.  Bersihkanlah lidah Anda setiap menggosok gigi, namun jangan terlalu memberi banyak tekanan ketika melakukannya.

  1. Ada masalah pada gigi geraham

penyebab bau mulut

Pada beberapa orang, gigi geraham dan operculum (bagian gusi tempat gigi geraham tumbuh) bisa jadi perangkap makanan dan memicu tumbuhnya bakteri sehingga terjadilah infeksi yag dapat berkontribusi pada bau mulut. (fmz/pm)

Comments
Loading...