Fenomagz
Unleash the Wild Side

Selangkangan Anda Sering Gatal? Ini Penyebabnya

Rasa gatal pada selangkangan merupakan hal yang wajar dialami setiap orang, baik pada wanita maupun pria

Selangkangan Anda Sering Gatal? Ini Penyebabnya

FENOMAGZ – Pastinya Anda pernah kan merasakan gatal pada selangkangan? Sama halnya seperti rasa gatal pada bagian tubuh lain, rasa gatal pada selangkangan merupakan hal yang wajar dialami setiap orang baik pada wanita maupun pria. Namun hanya saja rasa gatal pada selangkangan sering kali lebih menyusahkan dari pada gatal pada bagian tubuh lain. Jika ingin menggaruknya, Anda harus peka dengan lingkungan sekitar karena rasanya tidak pantas jika menggaruk selangkangan di tempat umum.

Lantas sebenarnya, apa saja sih penyebab selangkangan gatal? Yuk simak ulasan berikut.

  1. Tidak menjaga kebersihan alat kelamin

Selangkangan merupakan salah satu area tubuh yang selalu tertutup. Karena selangkangan sering ditutupi oleh lebih dari satu lapisan pakaian, udara di bagian selangkangan akan jadi jauh lebih hangat di bandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Jika Anda tidak rutin menjaga kebersihan daerah genital, daerah genital Anda akan jadi berkeringat dan lembab. Selain itu, adanya rambut pada kemaluan akan membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang dan memicu gatal di bagian selangkangan.

  1. Iritasi

Ketika Anda menggunakan celana dalam yang ketat, gesekan kulit yang terjadi antara paha dan selangkangan ternyata bisa memicu infeksi. Jika Anda menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal tersebut akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit sehingga kulit jadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal dan bahkan bersisik.

  1. Infeksi jamur

Selangkangan merupakan salah satu lokasi paling strategis untuk jamur berkembang biak dengan cepat karena lembab dan hangat. Umumnya, penyebab selangkangan jadi gatal yaitu akibat dari infeksi jamur di bagian terluar dari kulit, terutama di daerah selangkangan. Tinea cruris adalah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yang biasa dikenal sebagai kurap.

4. Kutu kemaluan

Kutu dan kudis adalah jenis parasit yang bisa menyebabkan kulit gatal. Jika Anda mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di daerah rambut kemaluan, maka itu bisa jadi Anda terkena parasit yaitu kutu kemaluan.

Jika dilihat menggunakan kaca pembesar, kutu kemaluan terlihat seperti kepiting dan memang penyebab selangkangan menjadi gatal. Kutu kemaluan juga bisa menyebabkan luka pada daerah genital yang disertai dengan tanda abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae.

5. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak bisa mempengaruhi bagian tubuh manapun, termasuk pangkal paha. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan iritasi.

Dermatitis kontak alergi muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu yang tidak berbahaya. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengalami kontak dengan sabun, shampo, dan bahkan deterjen.

Sedangkan dermatitis kontak iritasi adalah ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Iritasi dapat bervariasi mulai dari keringat, urin, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan (biasanya dengan tindikan) dan pakaian ketat bisa juga jadi penyebab selangkangan gatal.

6. Penyakit kelamin

Penyebab lain mengapa selangkangan jadi gatal bisa adalah karena sering melakukan hubungan seksual, terlebih dengan berbeda-beda pasangan. Pasalnya hal ini merupakan adanya indikasi seseorang mengalami penyakit menular seksual seperti herpes genital, sipilis, kutil kelamin, gonore, dan lain sebagainya. (fmz/pm)

Baca juga:   Ini Ritual Seks yang Paling Hot, di Negara yang Terpilih
Comments
Loading...