Fenomagz
Unleash the Wild Side

Perhatikan Ini dulu, Sebelum Memulai Olahraga saat Puasa

Spesialis kedokteran olahraga mencoba memaparkan hal-hal tersebut. Yang pertama adalah terkait jam berolahraga

0

 

FENOMAGZ – Olahraga tetap diperlukan saat anda berpuasa. Gunanya adalah untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan meminimalisir masuknya penyakit ke dalam badan.

Olahraga juga jadi alternatif ngabuburit yang menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda berolahraga saat berpuasa.

Spesialis kedokteran olahraga mencoba memaparkan hal-hal tersebut. Yang pertama adalah terkait jam berolahraga. Menurut penelitian, waktu yang paling tepat itu tergantung dari bagaimana anda berbuka puasa.

Jika, kalau anda buka puasanya dengan makanan berat, maka waktu yang paling memulai olahraga adalah 2 jam setelahnya.

Hal tersebut baik dilakukan karena tubuh membutuhkan waktu mencerna makanan sekurang-kurangnya adalah 2 jam. Bila anda memaksakan untuk sesegera mungkin berolahraga sesuai makanan besar. Dikhawatirkan tubuh akan mudah mual dan bisa saja malah menaikkan tekanan darah anda.

Kemudian, bila anda yang berbuka hanya dengan makanan ringan, sebaiknya mulai berolahraga itu sekitar setelah jam setelahnya. Perbedaan waktu dikarenakan snack tidak memperlukan banyak waktu untuk dicerna. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi snack seperti gorengan. Karena lemak jenuh pada makanan tersebut pun tidak baik untuk tubuh.

Terkait dengan durasi dan intensitas olahraga, sebaiknya jangan berlebihan walau sudah berbuka. Saat Ramadan, olahraga tidak di peruntuhkan untuk menaikkan kualitas olahraga atau menambah kekuatan fisik. Olahraga saat Ramadan hanya untuk mengaktifkan tubuh secukupnya.

Setelah itu, yang perlu dipertimbangkan adalah melaksanakan terawih. Penelitian menyarankan untuk mempertimbangkan ini baik-baik. Sebab, ibadah terawih walau sunnah namun, perintah agama.

Baca juga:   Waspada Fenomen, Rokok Menthol Sangat Bahaya

Jadi, jika anda harus cerdas dalam menentukan pilihan. Jangan sampai meninggalkan perintah agama hanya demi tubuh bugar. (fmz/pz)

Comments
Loading...