Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Alasan Kenapa Pria Perlu Tahu Kapan Menstruasi Pasangannya (1)

0

Penting bagi pria untuk mengetahui siklus menstruasi pasangannya

Ini Alasan Kenapa Pria Perlu Tahu Kapan Menstruasi Pasangannya (1)

FENOMAGZ – Fenomen, perlu Anda ketahui bahwa hingga kini kebanyakan wanita merasa risih untuk membicarakan persoalan menstruasi pada pasangan karena alasan tabu. Tak hanya dengan teman pria atau pasangannya saja, bahkan dengan sesama wanita pun juga, entah itu dengan ibunya sendiri, saudara, atau sahabat.

Mungkin Fenomen bingung mengapa penting untuk membicarakan tentang menstruasi pasangan. Namun hal tersebut tentu saja bukanlah tanpa manfaat. Lalu sebenarnya, apa sih manfaat membicarakan soal menstruasi dengan pasangan? Berikut ulasannya.

  1. Anda jadi tahu kapan gejala PMS muncul

Siklus menstruasi seorang wanita berlangsung rata-rata 28 hari. Ovulasi atau periode ketika telur dilepaskan dari ovarium terjadi pada hari ke 14 dari siklus ini dan menstruasi akan terjadi pada hari ke 28.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala PMS bisa dimulai sekitar hari ke 14 dan berlangsung hingga tujuh hari setelah dimulainya menstruasi. Rasa sakit PMS pada wanita kiranya sama dengan rasa sakit saat selangkangan Anda terus dihujam tendangan bola tanpa henti. Anda bisa membayangkan bagaimana sakitnya bukan?

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Karena saat menjelang menstruasi, beberapa wanita cenderung jadi lebih moody dan temperamental. Sementara yang lain mungkin merasa lebih cepat lelah dan merasa nyeri yang luar biasa pada perut atau punggungnya.

Dengan mengetahui kapan pasangan Anda menstruasi dan apa saja gejala yang biasanya muncul, Anda bisa bersiap sedia untuk membantu pasangan demi meringankan rasa sakitnya. Tak hanya itu, dengan mengetahui jadwal menstruasi pasangan Anda, Anda juga jadi mengetahui apa yang ia suka dan tidak suka lakukan selama masa-masa menstruasi agar ia bisa lebih nyaman menjalankan rutinitas harian selama menstruasi.

Baca juga:   Pentingnya Mencuci Alat Kelamin Setelah Berhubungan Intim
  1. Anda jadi tahu mana gejala yang normal, mana yang harus diwaspadai

PMS adalah kondisi yang sangat umum. Setiap wanita memiliki tingkat keparahan gejala PMS yang bervariasi menurut individu dan bulan, meskipun biasanya hilang begitu menstruasi dimulai.

Dengan membicarakan soal menstruasi bersama pasangan, pasangan Anda dapat memberi tahu apa saja gejala yang biasa muncul saat menstruasi dan bagaimana cara mengatasinya. Sehingga dengan begitu Anda bisa mengamati apakah ada pola yang berda dari biasanya, atau gejala yang tidak kunjung membaik.

Namun demikian, banyak pula gejala PMS berat yang mungkin tidak disadari oleh si pemilik tubuh. Waspadai jika pasangan Anda mengalami perubahan mood drastis yang menjurus ke gejala depresi atau gangguan kecemasan, atau berpikir untuk melukai diri sendiri. Efek terburuk dari PMS dapat menimbulkan masalah ini, dan pasangan Anda harus segera mendapatkan pertolongan.

Begitu pula dengan periode menstruasi yang berjalan lama, selalu sakit luar biasa, atau terjadi pendarahan berat dalam satu siklus. Kehilangan darah dalam jumlah banyak dapat menyebabkan anemia (darah rendah) yang membuatnya mudah lelah dan lesu. Penting untuk mendiskusikan gejala ini dengan dokter. (fmz/pm)

Comments
Loading...