Jenis Sakit Kepala Yang Bisa Muncul Saat dan Setelah Bercinta

Sex headache biasanya lebih sering dialami oleh pria daripada wanita

 

FENOMAGZ – Fenomen pernah mengalami sakit kepala sesaat setelah berhubungan seks dengan pasangan? Menurut penelitian, diperkirakan ada sekitar 1 persen orang yang mengalami gangguan serupa sakit kepala selama atau setelah melakukan aktivitas seksual. Kondisi tersebut bisa juga disebut sebagai sex headache. Sakit kepala tersebut juga biasa disebut dengan ‘sakit kepala orgasme’ atau ‘sakit kepala koital’.

Biasanya, sakit kepala tersebut lebih sering dialami oleh seorang pria. Para peneliti menemukan bahwa gangguan tersebut cenderung lebih sering terjadi pada pria yang berusia di awal 20 tahun, akhir 30 tahun, dan memasuki usia 40 tahun.

Menurut Encyclopedia of Neurological Sciences, ada 3 jenis sakit kepala yang bisa muncul selama atau setelah bercinta. Apa saja jenis sakit kepala tersebut? Berikut uraiannya.

  1. Dull Ache

Jenis Sakit Kepala Yang Bisa Muncul Saat dan Setelah Bercinta

Sakit kepala saat bercinta yang satu ini bisa dikatakan hampir sama dengan sakit kepala yang menegang (tension headache). Biasanya sakit kepala ini dimulai dengan nyeri di kedua sisi kepala dan akan semakin intensif sepanjang bercinta. Penyebab sakit kepala ini diduga karena kejang otot yang bisa saja terjadi saat bercinta.

  1. Headbanger

Jenis Sakit Kepala Yang Bisa Muncul Saat dan Setelah Bercinta

Nyeri yang parah dan terasa berdenyut-denyut ini biasanya terjadi tepat sebelum, selama, atau setelah Anda mencapai orgasme. Sex headache jenis inilah yang paling sering ditemukan pada penderita.

  1. Upright Ache

Jenis Sakit Kepala Yang Bisa Muncul Saat dan Setelah Bercinta

Sakit kepala ini biasanya terjadi pasca orgasme, terkadang muncul secara tiba-tiba dan tahu-tahu berhenti sendiri. Namun biasanya jenis sakit kepala ini akan memburuk ketika si penderita mencoba untuk berdiri.

Penyebab sakit kepala jenis ini bisa bermacam-macam. Pada sebagian orang, sakit kepala bisa dikenali dengan mudah tapi sulit diobati, begitu juga sebaliknya. Yang jelas jika Anda mengalami gejala-gejala sex headache, Anda harus mengetahui bahwa pengobatan yang paling umum digunakan untuk menanggulangi gangguan ini adalah obat pereda nyeri yang direkomendasikan langsung oleh dokter Anda.

Namun apabila tiba-tiba pola sakit kepalanya mengalami perubahan, segeralah konsultasikan pada dokter Anda, karena siapa tahu itu merupakan gejala gangguan medis lainnya. Selain itu, kunci utama untuk mengatasi berbagai macam sakit kepala adalah dengan mengenali pemicunya dan berupaya untuk menghindarinya, misalnya dengan menghindari makanan atau minuman tertentu sebelum bercinta seperti kafein, makanan atau minuman yang memakai pemanis buatan atau pizza.

Jika sakit kepala Anda tak kunjung sembuh juga, ada baiknya Anda menghentikan aktivitas seks dengan pasangan untuk sementara. (fmz/pm)

Comments
Loading...