advertisement

Seberapa Efektifkah Metode Intrauterine Device (IUD) Mencegah Kehamilan?

berikut ini penjelasan seberapa efektifkah metode Intrauterine mencegah kehamilan

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – IUD merupakan potongan plastik atau tembaga yang berbentuk seperti huruf T yang ditempatkan dalam rahim oleh dokter. IUD tembaga akan menjaga Anda dari kehamilan setiap waktu selama 10-12 tahun, sementara IUD mampu mencegah kehamilan selama 3-5 tahun (tergantung pada merek apa yang Anda gunakan). IUD tembaga bahkan dapat digunakan untuk kontrasepsi darurat jika perangkat dimasukkan dalam waktu lima hari dari hubungan seks tanpa kondom.

Baca juga: Aman Atau Tidak Melakukan Oral Seks Saat Pasangan Anda Sedang Hamil?

Kedua jenis IUD dapat segera mencegah kehamilan sesaat setelah terpasang dengan mengubah cara sperma bergerak di dalam tubuh wanita sehingga mereka tidak akan bisa mencapai sel telur. Jika pembuahan terjadi (kasus langka), IUD akan bekerja membuat sel telur yang sudah dibuahi untuk tidak dapat menempel di dinding rahim.

IUD adalah salah satu metode pengendalian kelahiran terbaik yang tersedia di pasaran saat ini dengan tingkat efektivitas mencapai lebih dari 99,9 persen (tingkat kegagalan berkisar dari 0,2-0,8 persen). Ini artinya terdapat setidaknya kurang dari 1 kehamilan tak diinginkan per 100 wanita pengguna IUD setiap tahunnya.

Beberapa dokter menyarankan agar perangkat IUD hanya digunakan pada wanita yang telah melahirkan. Ketika IUD terpasang, rahim pasangan Anda akan melebar hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada wanita yang belum memiliki anak (jika Anda memiliki infeksi menular seksual pada saat IUD dimasukkan, risiko infeksi peradangan panggul meningkat). pasangan Anda dapat memiliki menstruasi yang tidak teratur atau berat sebagai efek samping IUD tembaga. Terakhir, meskipun IUD bersifat jangka panjang, efeknya masih bisa dibatalkan dan pasangan Anda bisa hamil setelah alat dilepas. IUD tidak memberikan perlindungan terhadap penularan penyakit kelamin. (fmz/bb)

Comments
Loading...