advertisement

Seberapa Efektifkah Sterilisasi Permanen Mencegah Kehamilan Pada Pasangan Anda?

berikut ini penjelasan mengenai sterilisasi permanen dan efektifnya menurut para dokter

judi

FENOMAGZ – Bagi wanita, sterilisasi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, pemotongan, pengikatan, atau penyegelan untuk menutup tuba fallopi, atau mengangkat rahim (histerektomi). Sterilisasi wanita berfungsi untuk menghentikan sel telur turun ke rahim, tempat terjadinya pembuahan. Kadang, seorang wanita yang sedang menjalani kelahiran caesar juga sekaligus menjalani prosedur sterilisasi secara bersamaan agar tak perlu lagi memiliki dua kali prosedur bedah.

Baca juga: 3 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Saat Bercinta Yang Pertama Kali

Untuk pria, prosedur vasektomi ini akan menjaga spermanya agar tidak turun ke penis, sehingga produksi air mani setiap kali Anda ejakulasi tidak akan memiliki jejak sedikit pun sperma di dalamnya.

Bisa dibilang cara ini 100% efektif. Hanya 0,5% tingkat kegagalan untuk metode sterilisasi wanita apapun, dan 0,15% untuk vasektomi. Artinya, ada kurang dari 1 kehamilan tak diinginkan per 100 wanita dalam satu tahun dari proses sterilisasi mana pun.

Metode permanen ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit prosedur pembalikan tersedia, namun membawa risiko tersendiri. Anda juga masih perlu bergantung pada metode kontrasepsi lain untuk 3 bulan pertama karena sperma masih ada dalam sistem pria dan jaringan parut bekas mengikat rahim perlu waktu pemulihan selama ini. Sterilisasi tidak melindungi dari penyakit kelamin. (fmz/bb)

Comments
Loading...