Sering Sendawa Jadi Tanda Awal Kanker Esofagus

Berikut ini fakta sehat lainnya tentang sendawa

FENOMAGZ – Sebagian besar dari kamu pasti cenderung malu ketika bersendawa. Meskipun normal dan sehat, bersendawa bisa menjadi hal yang memalukan terutama saat kamu sedang berada di tengah acara yang formal.

Baca juga: Satu-Satunya Tips Ranjang Terpenting Menurut Pakar Seks

Bersendawa sendiri adalah proses dimana udara atau gas dikeluarkan dari dalam perut melalui kerongkongan. Biasanya kamu akan bersendawa setelah kamu selesai makan. Tak jarang pula kamu sering bersendawa saat sedang kembung.

Berikut ini fakta sehat lainnya tentang sendawa:

  • Sering bersendawa namun ada kamu merasa ada kandungan air di dalamnya? Kondisi ini dinamakan dengan sendawa supragastric.
  • Ada pula kondisi kesehatan yang disebut dengan gastroparesis dimana otot perutmu jadi lemah dan tidak bisa mencerna makanan dengan benar yang akhirnya membuatmu sering bersendawa.
  • Selain karena makanan, kamu juga bisa sering sendawa jika kamu memiliki masalah atau kesulitan untuk menelan makanan karena sakit tenggorokan.
  • Jika kamu sering bersendawa namun berbau busuk, kemungkinan kamu memiliki gangguan pencernaan. Kamu wajib berkonsultasi dengan dokter secepat mungkin.
  • Saat kamu sering bersendawa, berat badan menurun drastis, serta kehilangan nafsu makan, maka kemungkinan itu adalah tanda dari kanker esofagus.
  • Sering bersendawa juga bisa menjadi tanda dari naiknya asam lambung. Dan saat tidak diobati bisa menyebabkan radang perut.
  • Dalam beberapa kasus, mereka yang telah mengalami operasi perut internal dengan pemotongan beberapa bagian usus bisa kesulitan untuk bersendawa.

Sendawa ternyata tak hanya terjadi saat kamu kenyang. Namun juga bisa menjadi tanda dari munculnya penyakit lain. (fmz/bb)

Comments
Loading...