Fenomagz
Unleash the Wild Side

Sering tidur mendengkur? Inilah bahaya mendengkur saat tidur

bahaya tidur mendengkur dan posisi yang dapat menyebabkan tidur mendengkur

0

FENOMAGZ – Mungkin anda salah satu orang yang mengalami gangguan tidur ini? Atau anda pernah dekat dengan orang yang tidur dengan mendengkur?

Mendengkur saat tidur bukanlah suatu hal yang asing, beberapa orang sering mengalaminya. Sayangnya masih sedikit orang yang tahu akan bahayanya.

Mendengkur terjadi saat gangguan pada saluran pernapasan seseorang. Biasanya hal ini terjadi karena terdapat amandel yang besar, atau lidah yang jatuh kebelakang saat tertidur. Mendengkur yang dibiarkan terlalu lama bisa beresiko menjadi Sleep Anea. Gangguan tidur ini berbahaya bagi kesehatan. Seseorang yang mengalami Sleep Anea sering terjadi, karena gangguan oksigen keotaknya akan terhalang.

Ada beberapa posisi yang dapat mengakibatkan seseorang mendengkur. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidur mendengkur:

1.Posisi Tidur Telentang

Tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan orang mendengkur karena adanya gaya berat yang menekan bagian saluran udara dalam tenggorokan.

2.Ada Gangguan Pada Tenggorokan

Kondisi mendengkur seringkali dialami orang seseorang yang menderita amandel. Ukuran amandel yang membesar dalam tenggerokan seseorang membuat saluran udara semakin kecil dan mengakibatkan kondisi mendengkur.

3.Ada Gangguan Hidung

Ketika mulut tertutup dan hidung tersumbat karena menderita flu, demam, atau folip, kemungkinan seseorang mendengkur akan semaki besar. Orang tersebut harus menarik dan membuang udara dengan kuat agar bisa bernafas, kondisi inilah yang sering membuat orang mendengkur.

Baca juga: Warna Lidah Yang Menjelaskan Kondisi Kesehatan Anda

4.Berat Badan Berlebih

Baca juga:   6 Tanda Dini Serangan Jantung

Semakin besar berat badan seseorang maka timbunan lemak juga akan bertambah, timbunan lemak ini juga bertambah dibagian leher yang akhirnya dapat menekan dan menghambat saluran udara di tenggorokan.

5.Bertambah usia

Semakin bertambah umur seseorang dapat membuat otot-otot dan jaringan saluran aliran udara di tenggorokan mengalami penurunan kelenturan. Ini juga terjadi pada wanita menopouse yang kekurangan hormon progesterone dalam tubuhnya dan mengakibatkan otot-ototnya kehilangan kelenturan.

6.Penggunaan Obat Penenang, Meroko, dan kelelahan

Orang yang menggunakan obat penenang otot-ototnya akan mengendur karena obat-obatan itu menekan syaraf pusat. Otot-otot yang mengendur akhirnya akan menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur. (fmz/bb)

Comments
Loading...