Tanda Umum Penyakit Jantung Yang Sering Terlewatkan

Agar Anda terhindar dari dampak fatal penyakit jantung, Anda perlu mengenalinya sejak dini

Judi

judi

Tanda Umum Penyakit Jantung Yang Sering Terlewatkan

FENOMAGZ – Masalah seksual, mulut, dan mendengkur sering kali diabaikan oleh sebagian orang karena dikira sebagai masalah kesehatan yang kecil. Namun tahukah Anda bahwa faktanya bisa saja hal-hal tersebut merupakan tanda dari masalah yang lebih besar, seperti penyakit jantung.

Menurut seorang kardiologis, ketika jantung dan arteri mulai mengalami gangguan, maka gejalanya bisa saja muncul di bagian tubuh lain. Agar Anda terhindar dari dampak fatal penyakit jantung, Anda perlu mengenalinya sejak dini.

Lalu, tanda umum apa saja yang sering terlewatkan oleh orang-orang mengenai penyakit jantung? Berikut uraiannya.

  1. Disfungsi seksual

Pada pria masalah disfungsi seksual bukan hanya berarti ada gangguan pada organ reproduksi atau kesehatan mental saja. Terbentuknya plak yang menyumbat arteri juga bisa jadi penyebab terjadinya disfungsi seksual pada pria karena aliran darah ke penis akan terganggu sehingga jadi sulit ereksi.

Sementara itu pada wanita, masalah seksual biasanya akan muncul ketika wanita menginjak usia menopause. Bukan menopausenya yang membuat sakit jantung, namun karena adanya perubahan tekanan darah dan kolesterol yang terjadi, maka hal tersebut secara tak langsung semakin meningkatkan risiko penyakit.

  1. Mendengkur atau apnea tidur

Mendengkur merupakan tanda umum bahwa seseorang rentan mengalami sleep apnea (henti napas mendadak). Menurut seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, sekitar 40% orang dengan gangguan jantung umumnya memiliki gangguan apnea tidur.

Mendengkur juga bisa jadi tanda bahwa seseorang memiliki detak jantung yang tidak teratur (fibrilasi atrial). Ketika jantung berdetak tak beraturan, maka aliran darah juga akan terganggu dan meningkatkan risiko seseorang untuk terkena serangan jantung dan stroke.

  1. Gusi berdarah atau bengkak

Masalah kesehatan mulut terutama gusi, berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Jika  gusi sedang tidak sehat misalnya akibat infeksi (periodontis), maka peradangannya bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Aktivitas peradangan yang tinggi di seluruh tubuh dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit dan serangan jantung. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk berkunjung ke dokter gigi secara teratur untuk memonitor kesehatan mulut Anda.

  1. Nyeri di bahu atau leher

Tanda umum lain dari serangan jantung adalah rasa sakit yang menusuk pada dada sebelah kiri. Namun sebenarnya, tak semua orang akan mungkin mengalami hal tersebut karena menurut rasa nyeri juga bisa muncul di leher, rahang, atau bahu.

Rasa nyeri yang datang mendadak akan hilang dengan sendirinya. Ketika kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah seseorang semakin parah, maka jeda serangan nyeri akan datang semakin cepat.

  1. Kaki bengkak

Kaki dan paha yang membengkak bisa terjadi karena berbagai hal, bahkan karena alasan kecil sekalipun seperti suhu yang panas.Namun pada beberapa kasus, kaki bengkak bisa juga terjadi karena gagal jantung kongestif.

Gagal jantung kongestif adalah kondisi di mana otot jantung terlalu lemah untuk memompa darah sehingga terjadi penumpukan cairan.

Beda antara kaki yang bengkak karena suhu dengan kaki yang bengkak karena jantung dapat diketahui dari durasi kejadian. Pada kaki yang bengkak karena suhu, pada malam hari ukuran kaki akan kembali normal. Sementara pada kaki yang bengkak karena masalah jantung, ukuran kaki tidak kembali normal.

  1. Heartburn atau asam lambung naik

Heartburn adalah rasa nyeri di dada yang sangat tidak nyaman akibat naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan. Umumnya hal ini disebabkan karena masalah pencernaan dan jarang menandakan sesuatu yang serius.

Ketika heartburn datang dengan ditemani oleh gejala lainnya seperti cegukan, mual, dan membuat keringat, maka bisa jadi itu adalah tanda penyakit jantung. fmz/pm)

Comments
Loading...