Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Tak hanya wanita yang mengalami menopause ketika memasuki usia separuh baya. Saat memasuki usia separuh baya, pria juga akan mengalami andropause

 

FENOMAGZ– Ketika seorang wanita memasuki usia separuh baya, biasanya mereka akan mengalami kondisi yang biasa disebut dengan menopause. Ketika hal tersebut terjadi, hormon estrogen yang terdapat pada perempuan akan mengalami penurunan secara signifikan. Lalu bagaimana dengan pria?

Pada pria hal serupa juga akan terjadi ketika memasuki usia separuh baya, namun prosesnya lebih perlahan dibandingkan dengan wanita. kondisi tersebut disebut sebagai andropause, dimana testis seorang pria akan mengalami proses degenerasi, yaitu mulai berkurang kemampuannya untuk memproduksi hormon seksual testosteron. Tanda-tanda dari hal ini bisa diperhatikan karena akan berdampak pada fisik seorang pria.

Lalu apa saja tanda dari pria yang hormon testosteronnya mulai berkurang? Berikut penjelasannya.

  1. Berkurang libido

Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Hormon testosteron merupakan hormon pendorong gairah seks pada pria dan wanita. Oleh karena itu, ketika seorang pria mengalami andropause, akan sangat wajar apabila dirinya mulai kehilangan dorongan seksual atau libido.

Sebagai contoh, bila di masa muda seorang pria dan istrinya mungkin bisa bercinta sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka pada usia 30 tahun ke atas frekuensinya bisa saja berkurang menjadi sekali dalam seminggu.

Untuk mengatasi hal ini dokter bisa memberikan pasien pria terapi hormon.

  1. Sulit ereksi

Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Karena berkaitan dengan dorongan seksual, penurunan hormon testosteron bisa juga memengaruhi kemampuan ereksi penis. Tanpa dorongan seks yang tinggi, stimulasi pada penis juga akan lebih tumpul sehingga Anda sebagai seorang pria bisa kesulitan untuk ereksi.

Seorang pria paruh baya mungkin saja masih bisa ereksi, namun  ‘kekerasannya’ tidak maksimal.

  1. Cepat lelah

Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Kelelahan bisa jadi salah satu gejala umum dari testosteron yang rendah. Seorang pria yang testosteronnya mulai rendah bisa merasa tidak berenergi seperti biasanya atau bahkan menjadi luar biasa lelah padahal aktivitas yang dijalani sama seperti hari sebelumnya.

  1. Berkurangnya tinggi badan

Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Testosteron adalah salah satu hormon yang dibutuhkan seorang pria agar tulang bisa menyerap kalsium secara optimal. Oleh sebab itu ketika terjadi defisiensi maka kekuatan tulang juga akan berkurang.

Pria dengan testosteron rendah di dalam tubuhnya pasti jumlah kalsium yang akan terserap sedikit. Pertama dia akan terkena osteopenia, yaitu ketebalan tulangnya mulai berkurang, lama-lama berlanjut menjadi osteoporosis. Karena adanya penurunan massa tulang, maka tinggi tubuh pun secara keseluruhan juga akan menyusut.

  1. Penurunan performa otot

Ini 5 Tanda Saat Seorang Pria Mengalami Andropause

Tak hanya membantu pertumbuhan tulang, testosteron juga bisa membantu pembentukan otot tubuh pada pria, sehingga ketika jumlahnya dalam tubuh sedikit, kekuatan dan massa otot pun menurun. Kondisi ini bisa terlihat ketika seorang pria berolahraga danhasil yang didapatnya tidak seperti biasanya. Sebagai contoh, jika dulu Anda mampu dan kuat main badminton sampai dua set, sekarang mungkin sudah tidak lagi. (fmz/pm)

Comments
Loading...