Tangan dan Kaki Gatal di Malam Hari? Bisa Jadi Tanda Neurodermatitis!

Berikut gejala yang terjadi pada penyakit neurodermatitis

FENOMAGZ – Seringkah punggung kaki atau pergelangan tangan Anda gatal pada malam hari? Sekali Anda menggaruknya, rasa gatal itu malah semakin bertambah. Jika iya, mungkin Anda sedang mengalami neurodermatitis. Apakah neurodermatitis itu?

Baca juga: 3 Bahaya Yang Diterima Jika Pakai Minyak Lintah Saat Berhubungan Intim

Neurodermatitis atau disebut juga dengan liken simpleks kronis adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan rasa gatal. Siklus awal yang terjadi pada penyakit ini adalah timbulnya rasa gatal yang dapat membuat kulit menjadi tebal dan terasa kasar. Akibat garukan itu, kulit akan muncul bintik-bintik kecil yang kemudian melebar menjadi bercak.

Selain pada kaki, penyakit ini juga sering terjadi pada pergelangan tangan, bagian belakang leher, lengan bawah, paha, anus (dubur), serta area kelamin seperti kulit skrotum (buah zakar) dan bibir vagina. Penyakit ini tidak berbahaya dan tidak pula menular, tapi dapat mengganggu aktivitas, fungsi seksual dan kualitas hidup Anda akibat adanya rasa gatal yang terus berulang.

Berikut gejala yang terjadi pada penyakit neurodermatitis, seperti:

  • Timbul rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.
  • Bagian yang gatal tersebut menjadi tebal dan terasa kasar.
  • Muncul bintik-bintik yang kemudian melebar menjadi bercak, kadang berwarna merah atau lebih gelap darpada kulit sekitarnya. Namun, bercaknya tidak akan terus melebar sampai warna kulitnya berubah.
  • Rasa gatal bisa hilang dan kembali atau terus terjadi, bahkan ketika Anda ingin tidur.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, rasa gatalnya mengganggu aktivitas dan menjadi sebuah kebiasaan, bahkan membuat kulit terasa perih dan iritasi, segera temui dokter spesialis kulit untuk mengatasi penyakit ini. (fmz/bb)

Comments
Loading...