Fenomagz
Unleash the Wild Side

Teknik Latihan Terbaik Untuk Membentuk Otot Dada Menjadi besar

0

Bentuk tubuh yang seksi tidak harus berpatokan pada bentuk yang kekar atau padat

 

FENOMAGZ – Latihan bench press kerap dipilih sebagai latihan untuk membentuk otot dada. Bukan hanya untuk melatih otot dada, bench press juga dapat melatih kekuatan untuk otot bahu dan tricep. Namun bagaimana jika Anda sudah melakukan latihan bench press justru otot dada Anda besar atau kecil sebelah?

Memang, bentuk tubuh yang seksi tidak harus berpatokan pada bentuk yang kekar atau padat. Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah bentuk tubuh yang seimbang. Tangan, lengan, bahu, kaki, perut, atau dada pasti akan sangat indah jika dalam keadaan seimbang.

Bayangkan, seseorang dengan tubuh yang kekar namun memiliki pahatan sixpack yang tidak rata, atau dada yang besar sebelah. Tentu, nilai tubuhnya yang kekar akan sedikit berkurang lantaran bentuk beberapa bagian kurang proporsional.

Selain Fisiologis, Salah Teknik Latihan Ukuran Otot Bisa Tidak Seimbang
Ada beberapa penyebab mengapa otot dada besar sebelah. Selain faktor fisiologis (genetik), beberapa hal dapat menyebabkan otot tidak seimbang. Salah satunya adalah teknik latihan yang kurang tepat. Ketika melakukan latihan bench press misalnya. Gerakan latihan yang tidak tepat dapat menyebabkan otot besar sebelah. Pada waktu posisi mengangkat tidak seimbang, tubuh agak miring ke kanan atau ke kiri.

Beberapa juga dapat mempengaruhi ketidak seimbangan otot. Misalnya, lebih sering beraktivitas dengan menggunakan bagian tubuh yang dominan (kuat) daripada sisi yang lemah. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka otot yang lemah juga akan semakin lemah karena semakin berkurangnya aktivitas.

Baca juga:   Manfaat Kantong Teh Bekas Seduh

Maka, cara terbaik untuk meningkatkan ukuran sel otot agar seimbang dan proporsional adalah dengan melakukan latihan rutin serta teknik yang tepat.

Tubuh Tidak Seimbang Hanya Karena Melatih Satu Sisi
Karena otot tidak seimbang atau besar sebelah, maka terlintas untuk melakukan latihan satu sisi pada yang kecil. Cara ini memang dapat dilakukan, tapi juga memiliki beberapa risiko. Ketika otot yang lebih kecil terus dilatih dan mulai membesar, maka otot yang sebelumnya besar juga dapat mengecil karena jarang dilatih.

Selain itu, melatih hanya satu sisi juga rentan cedera. Misalnya, jika Anda melakukan latihan pada satu sisi, maka potensi cedera akan dapat terjadi di punggung bawah dan perut.

Mengapa? Ini dikarenakan otot punggung bawah dan perut bekerja keras untuk menjaga keseimbangan saat melakukan bench press.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...