Ternyata Mengkonsumsi Keju bisa Hidup Bertahan Lebih Lama Lho

keju mengandung senyawa yang dikenal sebagai spermidine yang menghentikan kerusakan sel hati akibat replikasi

 

FENOMAGZ – Meski lezat, keju selama ini memilki reputasi yang buruk bagi kesehatan. Tapi, sekarang peelitain baru telah memberikan kabar baik bagi pencinta keju. Keju seperti cheddar dapat membantu meningkatkan harapan hidup dan mencegah kanker hati, keju mengandung senyawa yang dikenal sebagai spermidine yang menghentikan kerusakan sel hati akibat replikasi.

Dengan demikian, senyawa tersebut memilki kemampuan untuk mencegah  fibrosis atau akumulasi jaringan perut yang terjadi pada sebagaian besar penyakit organ dan hepatocellular carcinoma (hcc), yang merupakan bentuk kanker hati paling umum.

Setelah menganalisis spermidine pada tikus selama seluruh masa hidupnya, para penelitian menemukan, harapan hidup mereka meningkatkan sebesar 25 persen. Penelitain lebih lanjut memang dibutuhkan untuk mengetahui apakah dampaknya sama dengan manusia.

Jika memang sama, maka bisa membantu manusia mencapai usia 100 tahun dibanding usia harapan hidup selama ini, yaitu 81 tahun selain itu, para penelitian juga menemukkan bahwa mengkonsumsi makanan seperti jamur, kedelai, kacang polong dan biji-bijian secara teratur juga dapat memiliki efek memperpanjang  hidup manusia.

Dengan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, membatasi jumlah metionin dalam makanan daging dan menggunakan obat rapamycin dapat memperpanjang usia harapan hidup manusa. Tapi makan lebih sedikit, dan tidak makan daging kurang disambut baik oleh papulasi pada umumnya, sementara rapamycin telah terbukti menekan system kekebalan tubuh manusia. Karena itu, spermidine mungkin pendekatan yang lebih baik. (fmz/pz)

Comments
Loading...