Fenomagz
Unleash the Wild Side

Steroid untuk Bikin Badan Berotot Ternyata Bisa Bikin Pria Mandul Loh

Rasa kurang percaya diri itu dikemudian hari bisa menyebabkan body dysmorphic disorder adalah kelainan mental kronis terhadap citra tubuh

0

 

FENOMAGZ – Masalah citra tubuh kini hari tampaknya semakin  bertambah. Terlebih  di era media social seperti sekarang ini. Individu seakan berlomba-lomba untuk memposting bentuk tubuh terbaiknya tanpa disadari, hal seperti itu bisa membuat individu lain kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya.

Rasa kurang percaya diri itu dikemudian hari bisa menyebabkan body dysmorphic disorder adalah kelainan mental kronis terhadap citra tubuh dan banyak dialami oleh wanita. Akan tetapi, kondisi ini bisa juga dialami oleh pria. Masalah citra tubuh pada pria sering disebut dengan istilah bigorexia.

Bigorexia membuat pria merasa tubuhnya tidak cukup besar atau kurang berotot. Kondisi ini membuat seorang pria memiliki kepercayaan diri yang rendah, mudah cemas dan terlalu khawatir akan penampilan tubuhnya. Di tingkat kronis, pria yang mengalami bigorexia bisa merasa sangat tertekan dan putus asa hingga bisa menyebabkan bunuh diri.

Biasanya, agar tubuh kelihatan kekar dan berotot para pria cenderung menggunakan steroid. Bila dikonsumsi jangka panjang tentunya hal ini membawa dampak negative pada kesehatan.

Penggunaan steroid dalam jangka panjang bisa menyebabkan produksi hormone alami menurun, gangguan atau komplikasi ginjal, menurunkan kolestrol HDL dan meningkatkan kolestrol LDL, badan berjerawat, kebotakan, menghambat pertumbuhan tinggi badan, tekanan darah tinggi, menurunkan kekebalan tubuh, serta kemandulan.

Penggunaan steroid untuk tujuan klinis seperti hormone replacement therapy bagi sebagai pengobatan untuk orang yang mengalami defiensi hormone sebenarnta boleh saja. Tetapi, steroid dilarang digunakan bila tujuannya hanya sekedar untuk membangun massa otot yang lebih banyak.

Baca juga:   Beberapa Penyebab Mimpi Buruk Terjadi

Jika seseorang diprediksi terkena bigorexia, cara terbaik yang bisa dilakukannya adalah berkonsultasi dengan tenaga ahli. Para ahli biasanya akan melakukan beberapa terapi yang harus dilalui oleh penderita sepeticognitive behavioural therapy. Selain terapi, mungkin saja disetai dengan tambahan obat-obatan tertentu agar merangsang produksi serotonin sehingga menekan depresi. (fmz/pz)

Comments
Loading...