Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Mudah Mengatasi Kesehatan Mata

0

Kesehatan mata kurang sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang

mata pria

FENOMAGZ – Setiap banyak orang menginginkan kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dalam kehidupan manusia. Tanpa ada mata, sulit bagi kita untuk dapat melakukan hal sederhana seperti menulis, membedakan warna, bahkan jalan kaki menjadi lebih sulit kalau tidak dapat melihat.

Kesehatan mata kurang sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang. Hanya saat pandangan mulai buram atau mata mengalami iritasi baru diperhatikan. Sebenarnya banyak hal kecil yang dapat mempengaruhi kesehatan mata dan menentukan apakah kita perlu pakai kacamata atau tidak. Sesuatu sederhana menonton tv terlalu dekat atau baca dalam kegelapan dapat melemah kesehatan mata. Dengan melakukan beberapa tips berikut ini, anda dapat menjaga kesehatan mata dan mengurangi perlunya kecamata untuk memperbaiki penglihatan.

Perhatikan jarak pandangan anda
Alasan utama kenapa menonton tv atau membaca tidak boleh terlalu dekat adalah karena mata akan mereasa tegang dan mudah lelah. Mata yang terlalu sering tegang dapat melemahkan otot lensa mata, sehingga meningkatkan risiko perlunya menggunakan kacamata nantinya. Jarak paling aman untuk menonton tv adalah tiga meter dan untuk baca buku adalah 30 cm. Pastikan ruang menerima penerangan yang cukup agar mata tidak harus adaptasi dengan gelapnya ruangan saat baca atau menonton tv. Bagi mereka yang bekerja depan monitor komputer, dianjurkan untuk jaga jarak pandangan sekitar 30 sampai 20 cm.

Kurangi waktu mata memandang layar
Menjaga jarak, juga dianjurkan untuk tidak terlalu lama berada di depan monitor komputer atau televisi. Waktu aman untuk memandang layar tv atau komputer sekitar satu sampai dua jam, lalu mata harus diistirahatkan. Cukup mengistirahatkan mata selama lima menit sebelum kembali dengan aktifitas anda didepan layar. Fokus pada satu titik untuk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata.

Jangan lupa berkedip
Mata manusia akan berkedip dengan sendirinya guna untuk menjaga kelembaban organ ini dan membersihkan debu yang dapat menyebabkan iritasi. Namun kalau terlalu fokus memandang satu hal, efek kedip otomatis mata bisa berhenti sehingga mata akan lebih cepat kering. Mata yang kering menjadi lebih rentan terhadap infeksi debu atau mikroba lain yang menyebabkan penyakit mata.

Pakai kacamata hitam
Selain menjadikan tampilan lebih menarik, kacamata hitam juga punya manfaat lain untuk mata. Sinar ultraviolet (uv) matahari cukup berbahaya bagi manusia. Selain dapat menyebabkan kanker kulit, sinar uv dapat merusak kesehatan mata. Ada baiknya memilih kacamata dengan lensa yang dilengkapi perlindungan uv untuk melindungi mata. Selai melindungi mata dari sinar uv kacamata hitam dapat mengurangi debu yang memasuki mata.

Rajin olahraga
Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh dan jantung, tapi juga baik untuk mata. Ada penelitian yang menunjukkan mereka yang rajin olahraga dapat mengurangi risiko terhadap glaukoma. Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat merusak saraf penglihatan dan menyebabkan kebutaan.

Konsumsi makanan yang baik untuk mata
Banyak jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata, mulai dari wortel, avokad, brokoli, telur, bayam, kol, tomat, bawang putih, dan juka ikan salmon. Sebagian besar makanan ini kaya akan vitamin a, nutrisis yang bermanfaat untuk mata. (fmz/pz)

Baca juga:   Makanan ini Dapat Mengatasi Susah Tidur Dimalam Hari
Comments
Loading...