Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Untuk Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Pentingnya bagi tubuh manusia untuk diberi waktu tidur, makanan dan minuman yang baik. Jika tubuh kekurangan apa yang dibutuhkan

0

 

FENOMAGZ – Selama bulan Ramadan, tentunya waktu tidur menjadi berkurang. Hal itu disebabkan karena harus bangun lebih awal untuk santap sahur. Padahal tidur karena waktu yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kurang tidur dapat mengganggu aktivitas yang dijalani seharian karena timbulnya rasa ngantuk. Kondisi ini juga membuat seseorang merasa cepat ke lelahan.

Pentingnya bagi tubuh manusia untuk diberi waktu tidur, makanan dan minuman yang baik. Jika tubuh kekurangan apa yang dibutuhkan, manusia akan merasa ke lelahan dan ke walahan. Selain itu kurang tidur juga membuat nafsu makan meningkat sehingga puasa selama ramadan menjadi semakin sulit.

Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan tidur yang lebih baik selama bulan Ramadan.

Kuantitas tidur

Anda bisa mencoba untuk mendapatkan jam tidur yang sama selama 24 jam. Buatlah rencana waktu tidur sebelum bulan Ramadan tiba. Anda bisa tidur lebih awal selama empat sampai lima jam setelah sholat tarawih hingga waktu sahur. Lalu setelah sahur anda bisa kembali tidur selama kurang lebih 2 jam. Bagi anda yang tidak bekerja, anda bisa manfaatkan waktu siang hari anda untuk tidur selama 2 jam menggantikan waktu tidur yang kurang.

Kualitas tidur

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas tidur anda. Menjaga kualitas tidur sama pentingnya dengan mengatur kuantitas tidur. Untuk memastikan anda mendapatkan tidur yang berkualitas, pastinya lingkungan sekitar sepi dan gelap. Penyumbat telinga dan masker mata bisa membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Baca juga:   5 Cara Ampuh Menaklukkan Hati Wanita

Menjaga makanan saat bulan puasa juga berpengaruh terhadap kualitas tidur anda. Apabila anda mengkonsumsi makanan berat dan banyak mengandung gula saat buka puasa, tubuh akan tetap mencerna makanan itu sewaktu anda tertidur sehingga kualitas tidur menjadi terganggu.

Hindari juga makanan yang sangat pedas saat berbuka, karena lapisan perut lebih sensitive saat puasa. Mengkonsumsi makanan pedas bisa menimbulkan rasa mulas saat anda tertidur.

Hindari makan gorengan seperti samosa, kentang goreng, dan lumpia karena saraf dengan lemak yang tidak dapat diolah, sehingga menyebabkan keasaman yang bisa mengganggu tidur. Makanan asin juga bisa mengganggu kualitas tidur karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Anda juga se bisa mungkin jangan mengkonsumsi kopi dan produk yang mengandung kafein karena anda tidak akan merasa ngantuk. Kafein juga mempengaruhi kualitas tidur walaupun anda tertidur. (fmz/pz)

Comments
Loading...