Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Mengusir Perut Kembung Saat Berpuasa

Ada banyak penyebab kembung, termasuk, dari pola makan berlebihan, sindrom iritasi usus besar, intoleransi laktosa, refluks, dan konstipasi

0

FENOMAGZ – Ketika perut terasa kenyang rasanya malah seperti kembung. Alih-alih anda malah kentut di sembarangan tempat. Pakar ahli menjelaskan, perut kembung sering disertai rasa sakit, perut terasa bergas, sering bersendawa, sehingga perut terasa gemuruh.

Ada banyak penyebab kembung, termasuk, dari pola makan berlebihan, sindrom iritasi usus besar, intoleransi laktosa, refluks, dan konstipasi. Sementara, perut anda juga di penuhi banyak gas sehingga menyebabkan muntah.

Saat berpuasa jangan sampai anda mengalami perut kembung. Terutama di malam hari dan menjelang waktu sahur. Untuk itu, anda harus menghindari agar tidak mengalami perut kembung. Berikut yuk mari kita simak bersama.

  • Hindari mengunyah permen karet, karena bisa menyebabkan anda menelan gas. Selama mengunyah, mulut anda banyak terbuka tapi tidak mengkonsumsi makanan yang masuk ke dalam perut.
  • Saat makan, jangan terlalu cepat mengunyah. Yang ada anda malah menelan udara yang memicu perut kembung.
  • Hindari makanan yang memicu perut kembung, terutama saat buka puasa dan sahur. Seperti kacang-kacangan, brokoli, kubis, bawang merah, kembang kol, dan lainnya.
  • Minumlah banyak air di antara waktu buka dan sahur. Tapi minumlah segelas demi segelas secara bergantian. Penuhi kebutuhan asupan cairan anda kurang lebih delapan gelas sehari.
  • Olahraga secara teratur meski sedang berpuasa. Aktivitas fisik juga sangat menentukan kesehatan pencernaan anda lho.
  • Konsultasi dengan dokter bila mengalami kembung yang berlanjut. Dokter akan meresep kan obat untuk di konsumsi rutin untuk mengusir gas dari usus. (fmz/pz)
Baca juga:   Tips ini dia Mengatasi Sembelit Dengan cara Minuman ini
Comments
Loading...